Sukses

Memperbaiki Posisi Bayi Sungsang

28 Jul 2016, 06:18 WIB
Wanita, 24 tahun.

bagaimana cara mnegubah posisi bayi yang sungsang , usia kehamilan 23 weeks

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Pada usia kehamilan Anda yaitu 23 minggu, posisi bayi masih berubah-ubah. Saat ini berat janin Anda baru sekitar 500 gram. Posisi sungsang yang sebenarnya baru terjadi setelah kehamilan berusia 32-34 minggu. Pada minggu-minggu ini baru dapat dilakukan manuver untuk memperbaiki posisi yang sungsang.

Perlu diingat, bila Anda memiliki nyeri punggung, nyeri panggul dan pinggul selama kehamilan, konsultasikan dulu dengan bidan atau dokter Anda sebelum mencoba teknik berikut ini. Dan apabila Anda merasa sakit saat melakukannya, segera hentikan.

Berikut adalah cara yang umum dilakukan untuk mengubah posisi bayi yang sungsang.

  • Knee-chest position. Berlututlah di atas karpet. Posisi kepala, bahu dan dada atas mendatar sejajar lantai sedangkan bokong melayang. Tujuan posisi ini untuk mengarahkan bayi keluar dari panggul dan memberikannya ruang untuk berputar. Jangan sampai paha menekan perut Anda dan jaga supaya kedua lutut tidak bersentuhan. Lakukan posisi ini selama 15 menit, beberapa kali sehari.
  • Telentang dengan pinggul Anda sedikit diangkat (breech tilt). Letakkan bantal di bawah pinggul dan tekuk lutut Anda. Ulangi hingga 3x10 menit sehari. Lakukan posisi ini pada saat perut kosong saat bayi Anda aktif.

Walaupun sudah berusaha, bayi Anda bisa saja tetap memilih posisi yang sungsang. Jika tetap sungsang hingga 36 minggu, konsultasikan dengan dokter kebidanan Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar