Sukses

Bokong Nyeri Saat Hamil
07 Aug 2016, 12:13 WIB
Wanita, 22 tahun.

Sore dok, sy sedang hamil 5w bokong sebelah kiri sering terasa sakit di bagian dalam. Apakah ada hubungannya dg kehamilan dok? Kalau ada bagaimana solusinya dok? Karena sangat rasa nyerinya sangat mengganggu dok. atau ada pengaruhnya dg konsumsi obat? Sy di berikan utrogestan 100mg 10 butir dan folamil 30butir.. Skrg sudah hari ke8 konsumsi dok. Terimakasih..

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Kehamilan umumnya merupakan hal yang sangat dinanti oleh pasangan suami istri, sehingga sangat penting untuk menjaga ibu dan calon bayi agar tetap berada dalam keadaan sehat selama kehamilan. Kehamilan sendiri merupakan suatu keadaan transisi. Terjadi banyak perubahan pada ibu baik secara fisik maupun psikologis.

Nyeri pada punggung bagian bawah merupakan keluhan yang umum ditemukan pada 50-80% wanita hamil. Terdapat 2 jenis nyeri punggung bawah pada saat kehamilan yaitu:

  1. Nyeri daerah lumbal : nyeri biasanya dirasakan di bagian punggung belakang sekitar daerah pinggang

  2. Nyeri panggul belakang : nyeri dirasakan di daerah panggul ke bawah dan biasanya sering dirasakan di daerah tulang ekor atau bokong dan dapat menjalar ke paha belakang

Berdasarkan keluhan yang Anda kemukakan kemungkinan Anda mengalami nyeri panggul belakang yang biasa dikenal sebagai pelvic grindle pain (PGP). PGP disebabkan oleh kekakuan sendi panggul. Pada saat kehamilan tubuh akan memproduksi hormon relaksin. Hormon ini berguna untuk melenturkan ligamen (jaringan antar sendi) sehingga memudahkan proses kelahiran bayi. Namun hal tersebut ternyata membuat pergerakan antar sendi ibu menjadi lebih tidak stabil. Ketidakstabilan dan kekakuan sendi inilah yang menyebabkan keluhan nyeri. Peningkatan berat bedan saat kehamilan juga berperan terhadap timbulnya nyeri panggul dan tulang ekor.

PGP dapat terjadi sejak awal kehamilan atau dapat pula baru muncul saat kehamilan trimester akhir. PGP diperberat dengan perubahan posisi. Beberapa perubahan posisi yang dapat menimbulkan dan memperberat PGP antara lain:

  • berguling di kasur

  • menaiki tangga

  • duduk dan berdiri dari posisi duduk (contoh: saat masuk dan keluar mobil, bak mandi dan kasur)

  • mengangkat benda berat

  • membungkuk, manuver memutar pinggang

  • berjalan dan berlari

Pekerjaan yang mengharuskan duduk lama seperti bekerja di depan komputer serta membungkuk dan berdiri dapat meningkatkan risiko nyeri panggul pada kehamilan. 

Keluhan nyeri ini akan berangsur-angsur pulih setelah Anda melahirkan. Terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dan mengatasi nyeri:

  • melakukan senam memperkuat otot dasar panggul, perut

  • hindari mengangkat beban terlalu berat

  • ketika berjalan sebaiknya Anda melengkukan tubuh (seperti membusungkan dada) Anda dengan tangan yang mengayuh di samping agar postur lebih stabil. Hindari postur tubuh membungkuk.

  • tidur dengan posisi miring dan tanbahan bantal di antara kaki

  • istirahat yang cukup

Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter kandungan dan kebidanan bila keluhan dirasa sangat mengganggu. Dokter dapat menyarankan penggunaan penyangga panggul atau fisioterapi untuk menstabilkan sendi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar