Sukses

HbsAg Tinggi

26 Jul 2016, 16:13 WIB
Wanita, 17 tahun.

dok hasil hbsag saya + jumlahnya 10216 tetapi stlh saya periksa lanjutan sperti HBV, HbeAg dsb ternyata virus trsbt tdk aktif, nah apa itu bisa mengganggu kesehatan saya ya dok? cara untuk menurunkan kadar hbsagnya bgmana ya?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaana anti HBs? Memang pada umumnya, HBsAg dan anti HBs tidak positif dalam waktu yang bersamaan. Namun pada kasus yang jarang,  hal tersebut bisa terjadi. Misalnya pada kasus virus hepatitis B yang sudah bermutasi. Atau dapat pula terjadi pada keadaan coexisting HBsAg-Anti HBs,di mana Anti HBs sudah muncul, tapi HBsAg belum sempat menghilang, dan sebaliknya. Hal ini juga tergantung dari waktu pemeriksaannya.

Untuk mengetahui apakah pasien sedang terjangkit virus hepatitis B yang aktif dan menular, dapat diperiksakan IgM anti HBc dan HBe. Untuk evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter penyakit dalam. Karena pengobatan bertujuan untuk mengobati infeksi hepatitis. Jika infeksi tertangani, maka HbsAg otomatis akan ikut negatif.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar