Sukses

Abortus Incomplete

28 Jul 2016, 10:10 WIB
Wanita, 27 tahun.

Saya sebelumnya pernah hamil tetapi harus dikuret di usia 3 minggu pada bulan februari kemarin. kemudian bulan maret sampai mei kmrn saya haid dengan waktu yg normal tidak seperti sebelum kehamilan. pada bulan juni saya sempat mengalami keterlambatan haid sampai dengan 10 hari, saya ke dokter kandungan, USG jg tidak menandakan adanya kehamilan, diagnosanya hanya gangguan haid biasa krn hormon. saya diberi obat untuk mengatur haid, harapannya seminggu kemudian saya haid dan saya diminta kembali ke dokter di hari pertama - ketiga haid. pada hari ketiga haid saya kembali ke dokter, diberi obat untuk memperbesar dan mematangkan sel telur. besoknya, hari keempat haid tiba2 keluar segumpal daging, setelah di PA kan, diagnosisnya adalah abortus incomplete. yang ingin saya tanyakan, apa yang membuat kehamilan saya yg kedua ini tidak terdeteksi oleh tespek ataupun USG?, padahal saya sudah menggunakan berbagai macam tespek. kemudian bagaimana supaya saya bisa mencegah terjadi seperti ini? mksdnya supaya bisa terdeteksi. saat ini saya diminta untuk terus minum asam folat 1000mcg. terimakasih, Redita

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Gumpalan daging yang keluar terakhir tersebut dan didiagnosis sebagai abortus inkomplit tersebut kemungkinan merupakan sisa dari jaringan kehamilan Anda yang sebelumnya. Kecil kemungkinannya Anda hamil lagi yang kedua kalinya dan mengalami abortus / keguguran kembali.

Disebut abortus inkomplit karena ketika abortus yang pertama kali, jaringannya belum semuanya keluar. Sisanya adalah yang keluar saat kedua kalinya dan di-PA didiagnosis abortus inkomplit.

Abortus umumnya terjadi jika ada kelainan pada jaringan janin atau pada ibu (misalnya obat, kelelahan, rokok, alkohol, dll). Abortus adalah suatu mekanisme untuk mencegah agar hasil konsepsi (janin) tumbuh dengan sehat dan baik. Jika terjadi kesalahan pada hasil konsepsi tersebut, tubuh memiliki mekanisme untuk menggugurkan hasil konsepsi yang memiliki kelainan tersebut.

Kami tidak dapat mengetahui masalah apa yang Anda alami yang menyebabkan keguguran tersebut. Namun jika dokter memberi Anda minum vitamin asam folat 1000 mikrogram, maka kemungkinan dokter mencurigai adanya kelainan penutupan tabung saraf pada janin sebelumnya, sehingga terjadi abortus.

Untuk keterangan, pemeriksaan, dan informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter kebidanan kandungan yang menangani Anda.

Semoga Anda tetap sehat dan cepat dikaruniai momongan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar