Sukses

KB Darurat

28 Jul 2016, 08:45 WIB
Pria, 33 tahun.

Dokter, saya mau tanya. Saya dan pasangan saya melakukan hubungan intim tetapi saya tidak memakai pengaman(kondom) dan pasangan saya sudah tidak suntik KB selama 3 bulan(biasanya suntik KB/perbulan) saya mau tanya obat/pil untuk mencegah kehamilan namanya apa yah? Saya sudah berhubungan intim sudah 2 minggu. MOhon jawabannya, terima kasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Apabila Anda tidak menggunakan kondom, sementara pasangan Anda juga sudah tidak melakukan suntik KB, maka apabila melakukan hubungan intim dan sperma dikeluarkan di dalam vagina, kemungkinan hamil akan lebih besar. Persentase tersebut akan lebih besar lagi jika pasangan Anda berada dalam masa subur. Namun jika tidak, maka persentasenya akan lebih kecil.

Ada sebuah pil kontrasepsi darurat yang dapat digunakan dalam waktu 72 jam setelah berhubungan seksual untuk mencegah kehamilan. Pil tersebut biasanya digunakan jika lupa menggunakan kontrasepsi, kondom bocor, dll. Namun tidak disarankan untuk digunakan sebagai kontrasepsi rutin.

Jika sudah lewat 2 minggu sejak Anda berhubungan seksual, maka pil tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi. Kami sarankan agar Anda dan pasangan mengunjungi dokter kebidanan dan kandungan untuk penanganan selanjutnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar