Sukses

Keputihan yang Terasa Gatal Sekali

27 Jul 2016, 21:07 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok, saya wanita 22th. bermasalah dengan vagina saya. kurang lebih 2bulan yg lalu saya sempat keputihan agak parah dan gatal (ini yg ketiga kali, sebelumnya jeda waktu yg sangat lama sekitar 8 tahun yg lalu dan 3th yg lalu). akhir-akhir ini setelah dua bulan yang lalu masih sering berlanjut keputihannya, walau tidak separah dua bulan lalu. saya khawatir apakah ada penyakit tertentu atau hanya karena kurang menjaga kebersihan vagina. air di kosan saya memang akhir-akhir ini agak semakin kuning dari biasanya dan saya memelihara kucing kampung. apakah itu salah satu efek jg? yang saya keluhkan sekarang bagian bibir vagina terasa gatal sekali. mohon bantuannya, Dok. terima kasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Keputihan yang dirasakan sangat gatal - hingga mengganggu aktivitas dan tidur umumnya disebabkan oleh jamur. Infeksi jamur dapat terjadi apabila Anda sedang kelelahan, tubuh tidak fit, daya tahan tubuh menurun, sedang sakit, menggunakan pembalut yang lama diganti, menggunakan celana ketat, area selangkangan lembap (misalnya banyak berkeringat), menggunakan celana dalam yang bukan berbahan katun, dll.

Selain itu, bertubuh subur dan mengidap kencing manis juga merupakan beberapa faktor risiko yang dapat mempermudah infeksi jamur ini.

Dengan jeda yang selama itu, hal ini masih wajar. Sejauh ini tidak ditemukan hubungan antara infeksi jamur dengan memelihara kucing dan menjaga kebersihan vagina dengan air. Vagina tidak perlu dicuci dengan sabun berlebihan, cukup dengan air bersih mengalir. Jika Anda khawatir dengan kebersihan air keran, Anda dapat menggunakan air mineral atau air yg dimasak.

Untuk mengatasi keputihan akibat jamur, jaga area selangkangan agar tetap kering dan tidak lembap. Jika perlu, Anda dapat mengonsumsi obat anti jamur yang dapat diperoleh melalui resep dokter.

Semoga Anda cepat sembuh.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar