Sukses

Pegal di Kaki Pasca Operasi Lutut

25 Jul 2016, 22:30 WIB
Wanita, 40 tahun.

Pegal setelah reposisi lutut yang bergeser Selamat malam dokter, 2 bulan lalu saya mengalami dislokasi lutut kiri, dan ligamen robek, dilakukan operasi reposisi (closed). Setelah itu tulang kadang berdenyut2, tulang panggul dan pergelangan kaki terasa pegal, apalagi saat tidur dengan posisi miring ke kanan mulai dari panggul sampai pergelangan kaki pegal. Karena itu saya coba urut ke tukang urut hanya dibagian yang pegal tersebut (tanpa mengurut lutut) dan kaki kanan pun ikut diurut. Namun keesokan harinya kedua kaki mulai dari panggul sampai pergelangan kaki malah jadi semakin nyeri, dan di bagian samping lutut kiri jadi lebam kebiruan, otot terasa kencang. Apakah seharusnya tidak boleh diurut dok? Apa penyebab pegal2 sehabis reposisi itu? Apa tindakan dokter untuk kasus saya ini? Atau apakah saya boleh ke tukang urut lain yang lebih ahli? Terima kasih

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e- konsultasi KlikDokter.com

Pegal dari panggul hingga pergelangan kaki yang Anda alami pasca operasi reposisi lutut bisa jadi disebabkan oleh kekakuan otot. Setelah operasi umumnya gerakan kaki dibatasi untuk memberikan kesempatan sel- sel dan jaringan setempat memperbaiki diri. Pembatasan gerakan ini memang dibutuhkan untuk mempercepat penyembuhan, namun efek samping yang dapat dialami adalah adanya kekakuan otot.

Kekakuan otot ini sendiri sebenarnya dapat dipulihkan dengan fisioterapi secara bertahap yang dilakukan di bawah pengawasan dokter. Jadi saran saya Anda sampaikan keluhan Anda ini ke dokter yang melakukan operasi guna evaluasi secara menyeluruh dan menentukan apakah perlu atau tidaknya dilakukan fisioterapi. Pijat tradisional sendiri sebaiknya untuk saat ini dihindari. Sekalipun pijat tradisional tidak dilakukan pada daerah operasi, namun perlu diingat bahwa otot dan jaringan ikat yang diberikan pijatan dapat berkaitan dengan otot dan jaringan ikat di sekitar daerah operasi (lutut Anda), dengan demikian juga dapat mempengaruhi pemulihan lutut Anda sendiri.

Bila memang pegal yang Anda rasakan sangat mengganggu, Anda dapat mengkonsumsi obat yang berisikan antinyeri seperti paracetemol, asam mefenamat atau natrium diclofenac. Untuk penanganan lebih spesifik terkait keluhan Anda diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan menyeluruh jadi memang sebaiknya Anda diskusikan dengan dokter yang menangani operasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga Anda segera pulih.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar