Sukses

Rasa Mual Saat Menggosok Gigi Pagi Hari

25 Jul 2016, 17:41 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok. kenapa saya kalo sarapan pagi, setelah itu gosok gigi tapi kok pasti mual ya ? moson solusinya. terima kasih

Halo Nafis,

Kami memahami keluhan Anda. Rasa mual pada pagi hari saat menggosok gigi, ternyata juga dialami oleh banyak orang. Beberapa hal yang menjadi penyebabnya antara lain :

1. Waktu yang terbaik menggosok gigi minimal adalah 30 menit setelah makan. Selain untuk menjaga supaya email gigi tidak rusak karena setelah terpapar makanan yang mengandung asam sitrat seperti jeruk, anggur, lemon email gigi menjadi lemah. Juga untuk memberi kesempatan pada makanan agar selesai dicerna di dalam lambung yang kemudian dicerna ke dalam usus.

2. Anda mempunyai refleks muntah yang sensitif, ganti pasta gigi anda dengan pasta gigi yang sedikit mengandung busa, seperti: pasta gigi untuk gigi sensitif.

3. Anda memiliki tenggorokan yang sensitif. Bagian belakang tenggorokan mudah mengalami kontraksi yang menghentikan obyek memasuki tenggorokan, kecuali saat Anda ingin menelan secara normal.

4. Anda menggosok gigi terlalu kencang sehingga menekan bagian dalam                                             tenggorokan.

5. Faktor psikologis, karena Anda pernah mual/muntah saat menggosok gigi terlalu kencang. Kejadian tak sengaja itu rupanya membekas, sehingga Anda selalu merasa khawatir akan muntah saat menggosok gigi. Pikiran negatif juga bisa menyebabkan kejadian yang negatif.

6. Ada yang mengatakan bahwa mual saat menggosok gigi juga disebabkan oleh naiknya asam lambung (maag). Coba perhatikan, apakah di antara busa pasta gigi Anda terdapat cairan kental berwarna bening kekuningan?

7. Bernafas melalui mulut saat menggosok gigi. Mulut yang penuh dengan busa dan sikat gigi menyebabkan seakan-akan anda kesulitan bernafas karena terhalang benda-benda tersebut. Akibatnya timbul rasa mual dan ingin muntah.

 

Beberapa cara untuk mengatasi rasa mual antara lain:

1. Tarik nafas dalam-dalam lewat hidung saat mual, dan hindari menahan nafas,  berkonsentrasi  bernafas melalui hidung.

2. Jangan membuka mulut terlalu lebar atau dengan kaku. Lemaskan otot-otot mulut dan tenggorokan Anda. Bila memungkinkan, gosoklah gigi Anda perlahan-lahan tanpa membuka mulut. Jika asam lambung naik, buang dulu busa pasta gigi Anda, lalu lanjutkan menyikat gigi.

3. Jangan memasukkan sikat gigi terlalu dalam, dan menyikat terlalu kuat, karena tanpa sengaja tangan Anda bisa menyodok terlalu keras.

4. Ganti sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut, atau ganti pasta gigi dengan rasa yang tidak terlalu pedas. Anda bisa memilih pasta gigi yang rasanya Anda sukai.

5. Minum air hangat saat bangun tidur, lalu berkumur dengan air hangat saat menggosok gigi.

6. Jika Anda tidak yakin dengan kebersihan gigi karena berhenti menggosok gigi sebelum menyentuh semua gigi, bantu dengan obat kumur atau tongue scrapers untuk membersihkan lidah Anda (Anda bisa membelinya di apotek)

7. Jika penggunaan tongue scrapers tetap membuat Anda mual, gunakan dental floss untuk menyapu lidah Anda. Ambil floss sepanjang biasanya, lalu sapukan ke lidah Anda dari dalam ke luar. Cara ini akan cukup berhasil untuk yang memiliki tenggorokan sensitif.

Semoga jawaban kami dapat membantu Anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar