Sukses

Dapatkah Saya Hamil?

06 Aug 2016, 21:40 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya mau tanya slama 3 bulan trakhir saya rutin terapi di salah satu RS swasta , dikarenakan saya menstruasi tidak lancar , terakhir saya mens bulan feb. awal konsul saya USG transvaginal. disitu ada banyak titiktitik yang katanya sel telur kurang matang,. apa itu bisa dibilang kista ya dok? skarang saya udh lepas obat tapi belum mens juga.. apa sya mengidap PCO dok? apa ada pemeriksaan khusus untuk positiv atau tidak nya PCOS di saya dok.? apa itu menyulitkan untuk hamil? dikarenakan saya juga mengalami rahim jauh dr salurannya.. mohon penjelasannya dok.. terimakasih

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan.

1. Tidak Mens

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari anda, bahwa saat ini anda sedang menjalani terapi haid tidak lancar oleh dokter spesialis kebidanan. Hal tersebut sudah benar karena bisa jadi ada ketidakseimbangan hormon yang anda miliki. Anda tidak perlu khawatir jika belum haid, tunggu hingga akhir bulan ini. Jika akhir bulan ini anda belum haid juga, maka saran kami anda komtrol kembali kepada dokter kandungan yang sama agar di evaluasi ulang.

2. Kista dan PCOS dan Kehamilan

Untuk mengetahui apakah ada kista atau PCOS pada diri anda, USG kandunganlah dapat membedakannya. Berdasarkan informasi anda, anda telah berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan, maka tanyakan kepada beliau apakah ada kista dari hasil USG tersebut dan adakah tanda tanda PCOS?

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) merupakan suatu kelainan hormonal dengan beberapa gejala khas yang ditandai oleh adanya sejumlah kista pada ovariumnya (indung telur). PCOS terjadi pada 5-10% wanita dan merupakan penyebab tersering gangguan kesuburan (infertilitas) pada wanita.

Gejala utama dari penderita PCOS yaitu adanya gangguan pada siklus menstruasi dan adanya peningkatan kadar hormon pria (androgen), seperti berjerawat, pertumbuhan rambut yang berlebih di seluruh tubuh (hirsutisme), dll. Namun, beberapa wanita mungkin tidak merasakan adanya gejala-gejala PCOS selain mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan (infertilitas). Infertilitas pada penderita PCOS terjadi karena indung telurnya tidak mampu melepaskan sel telur setiap bulannya.

Disamping mengalami peningkatan kadar hormon pria, PCOS juga dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin perifer dan hiperinsulinemia (tingginya kadar insulin dalam tubuh) akibatnya penderita PCOS cenderung akan mengalami gangguan dalam pengaturan metabolisme lemak (lipid) dan  pengaturan kadar gula darah (kadar gula darah menjadi tinggi dalam tubuh seperti yang terjadi pada penderita gula darah), sehingga mereka menjadi obesitas.

PCOS mempengaruhi infertilitas (gangguan kesuburan) dikarenakan menyebabkan wanita menghasilkan sikus anovulatoar (tidak mengandung sel telur) akibat dari ketidakseimbangan hormonal. 

Apakah ada dari beberapa gejala yang kami sebutkan di atas terjadi pada diri Anda?

Mengenai kista, perlu terlebih dahulu kista apa yang terjadi pada diri Anda. Apakah Anda sudah menanyakan pada dokter Anda, kista apa yang ada miliki?

Perlu kami perjelas kista yang Anda maksudkan. Di mana letak kista yang Anda maksudkan tersebut? Karena meskipun yang paling sering ditemui pada wanita adalah kista indung telur (ovarium), namun kista dapat juga terjadi di rahim. Penanganan kista juga bergantung pada jenis kistanya.

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun. Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar