Sukses

Penyabab ketuban keruh

24 Jul 2016, 22:51 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat siang dok, Saya mau bertanya tentang air ketuban keruh dan tali pusar yang tersumbat. Terlebih dahulu saya ceritakan kronologi pemeriksaan kehamilan saya pada 24 Minggu. Saya bersama suami memeriksakan kehamilan dan usg 4d di salah satu klinik dokter spesialis kandungan di Jakarta pusat. Sebelumnya saya belum pernah periksa disana, karena saya ingin coba usg 4d dan murah makanya saya coba periksakan kehamilan saya kesana. Di pertemuan pertama, hasil pemeriksaan dari dokter tersebut sangat membuat saya shock, air ketuban keruh, tali pusar tersumbat (sda uri 0.88), posisi lintang, dan katanya berat badan debay nya kurang (628 gram 24 Minggu). Di bulan sebelumnya, pemeriksaan di tempat lain, debay saya tidak bermasalah dan sehat sehat saja. Untuk lebih jelas, ini hasil pemeriksaannya, BPD 24 mgg 1 hari, fl 24 mgg 1 hari, ac 23 mgg 3 hari, plasenta di anterion, cairan ketuban keruh, okkm -, sda uri 0.88, tbba 628 gram, tp 11/11/2016, d/ GiPoAo gravide 24 mg ih + lintang, t/ posisi knee chest tetap kick movement. Nah dok, dari pemeriksaan di atas, apakah debay saya baik baik saja? Dan untuk ketuban keruh, berat bayi, posisi bayi, dan penyumbatan tali pusar itu bagai mana ya dok? Terimakasih.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya cairan ketuban keruh dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti adanya infeksi, kebocoran ketuban, gangguan plasenta dan tali pusat, kelainan pada janin, stres pada janin, kelainan pada janin, masalah kesehatan pada ibu, dll. Seharusnya ketika selesai diperiksa oleh dokter kandungan, anda berhak untuk menanyakan sejelas-jelasnya mengenai hasil pemeriksaan tersebut sehingga dokter dapat menjelaskan hasilnya hingga anda mengerti. Jika penjelasan dokter sulit untuk anda mengerti, anda juga berhak untuk mencari second oppinion dari dokter kandungan lainnya.

Kami mohon maaf belum bisa menjawab pertanyaan ibu secara detail karena kami tidak melihat langsung kondisi ibu saat ini dan hasil pemeriksaan kehamilan sebelumnya. Namun secara umum dapat kami sampaikan bahwa berat janin ibu saat ini memang lebih kecil dari berat seharusnya di usia 24 minggu. Hal ini juga banyak penyebabnya, salah satunya bisa jadi karena suplai makanan yang kurang dari ibu ke janin karena adanya masalah pada plasenta. Berdiskusilah lebih dalam dengan dokter kandungan mengenai hal tersebut untuk menemukan solusi terbaik agar janin anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dalam rahim. Mengenai posisi janin memang posisi lintang bukanlah posisi yang normal, namun karena usia kehamilan masih 24 minggu maka masih ada kemungkinan janin berubah posisi di dalam kandungan.   

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

0 Komentar

Belum ada komentar