Sukses

Kutil kelamin pada pria

24 Jul 2016, 22:35 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok, saya mau bertanya. Pada penis saya sering terjadi gatal, dan pada bagian bawah penis saya timbul seperti gumpalan daging kecil. Seihgat saya gumpalan daging ini ada sejak dulu. Dan setelah saya membaca artikel tentang jengger ayam, saya mulai khawatir jika ini jengger ayam. Saya ingin berkonsultasi langsung dengan dokter kulit, tapi saya merasa malu. Saya malu untuk memberi tahu orang tua saya agaf mereka mau membawa saya memeriksakannya ke dokter. Saya ingin memeriksakn sendiri tetaij saya takut biaya periksa kedokter spesialis mahal. Gimana solusinya dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya anda tidak perlu malu jika anda memiliki kutil kelamin karena belum tentu hal tersebut berarti bahwa anda pernah melakukan hubungan seksual. Kutil kelamin dapat terjadi karena infeksi virus HPV. Virus ini menyebar dari kontak kulit ke kulit. Bisa saja virus ini menyebar dari tangan anda yang memegang alat kelamin anda atau dari celana dalam yang anda pakai, dll. Intinya adalah sebenarnya anda tidak perlu malu memberitahukan hal ini kepada orang tua anda karena orang tua anda pasti akan mengerti hal yang sedang anda alami.

Walaupun sebaiknya anda berobat ke dokter spesialis kulit, namum sebenarnya kutil kelamin dapat juga diobati oleh dokter umum yang berpengalaman. Nah, tentunya biaya berkonsultasi langsung dengan dokter umum akan lebih murah. Dokter akan memeriksa terlebih dahulu bagian yang anda anggap kutil karena belum tentu itu adalah kutil. Jika sudah dipastikan itu benar merupakan kutil barulah dokter akan memberikan penanganan untuk menghilangkan kutil tersebut. Jika ternyata dokter umum tidak mampu menangani, barulah dokter akan merujuk ke dokter spesialis kulit. Anda dapat berobat ke puskesmes terdekat dengan menggunakan kartu BPJS dengan biaya gratis. Semakin cepat anda berobat akan semakin baik agar kutil tidak semakin menyerbar ke tempat-tempat lainnya. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

0 Komentar

Belum ada komentar