Sukses

Cara menambah berat badan dengan aman

24 Jul 2016, 12:38 WIB
Pria, 23 tahun.

Sampai saat ini, saya mengalami kesulitan untuk menambah berat badan karena BMI saya masih di bawah normal. Porsi makan saya teratur dan cukup banyak, kira-kira apakah penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya agar berat badan saya bertambah? terima kasih :)

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Banyak sekali hal yang mempengaruhi berat badan seseorang. Beberapa diantaranya adalah pola makan, aktivitas fisik, kebiasaan, faktor genetik, kecepatan metabolisme, tingkat stres psikologis, kesehatan tubuh secara umum, dll. Ada orang yang makan dengan banyak namun berat badannya sulit naik, namun sebaliknya ada pula yang makan relatif sedikit namun berat badan cepat naik. Itu semua dipengaruhi oleh kecepatan metabolisme, dll. 

Pada dasarnya untuk meningkatkan berat badan, energi yang masuk ke dalam tubuh harus lebih tinggi daripada pengeluaran energi. Agar energi yang masuk bertambah asupan makanan harus ditambah. Asupan makanan yang terbaik adalah asupan makanan dengan komposisi seimbang yaitu 50-60 persen karbohidrat, 20-30 persen lemak, 10-20 persen protein. Selain itu, penuhilah pula vitamin dan mineral tubuh dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Selanjutnya, kurangilah pengeluaran energi yang tidak perlu misalnya menghilangkan kebiasaan bergadang, melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat, olahraga yang terlalu berat, mengurangi stres psikologis, dll. Bila perlu coba periksakan diri ke dokter untuk mengetagui apakah ada kemungkinan infeksi dalam tubuh anda seperti infeksi cacing atau infeksi kronis seperti TBC karena penyakit-penyakit tersebut kerap menyebabkan berat badan sulit naik.

Hati-hati dengan penipuan obat-obatan untuk menaikkkan berat badan. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum anda mengkonsumsi obat-obatan untuk menaikkan berat badan karena banyak obat-obatan yang palsu atau obat-obatan berhaya yang dijual bebas untuk menaikkkan berat badan. Padahal obat-obat tersebut jika dikonsumsi malah dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar