Sukses

Pengobatan Borderline Personality Disorder.

25 Jul 2016, 22:22 WIB
Wanita, 42 tahun.

Saya pengidap Borderline Personality Disorder. Rabu kemarin saya kontrol ke psikiater lagi dengan diberi obat Cymbalta 60 mg 2 hari sekali setelah diturunkan dosisnya dan Olandoznya diganti Risperidone 1 mg agar tidak terlalu mengantuk dan kebanyakan tidur. Saya mau tanya, apakah Risperidone lebih ringan daripada Olandoz?

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

BPD atau Borderline Personality Disorder ini adalah suatu bentuk gangguan mental atau gangguan kepribadian yang secara garis besar memiliki ciri-ciri ketidakstabilan keadaan jiwa, konsep diri serta perilaku. Keadaan ini mengacaukan hubungan si penderita dengan keluarga, pekerjaan, orang lain yang kenal denagn penderita serta identitas seseorang individu.

Penyebab umum adanya gangguan kepribadian ini biasanya karena trauma yang diterima saat usia masih sangat dini. Yang biasanya disebutkan bahwa penderita gangguan kepribadian ini adalah korban dari perilaku yang didapat di masa lalu. Siapapun bisa menderita gangguan ini.

Risperidone dan olandoz sendiri sama-sama digunakan untuk mengurangi gejala akibat BPD. Penderita menjadi memiliki semangat hidup, terhindar dari depresi dan memiliki kembali motivasi untuk meraih sesuatu. Namun dalaam sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. Mei-Shu Lai dan rekan dari National Taiwan University, Taipei, Taiwan, menjelaskan bahwa risperidone ternyata lebih baik dalam menurunkan gejala diskinesia dibandingkan dengan olandoz. Diskinesia sendiri adalah secara harfiah berarti gerakan tidak normal. Gejala berupa gerakan melambat (athetosis), terkadang cepat, hingga kejang sekelompok otot (dystonia).

Kemungkinan karena alasan tersebut maka dokter mengganti obat yang Anda konsumsi sebelumnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar