Sukses

Bengkak setelah cabut gigi geraham

24 Jul 2016, 22:45 WIB
Wanita, 18 tahun.

3 hari yg lalu sya cabut gigi geraham tpi smpe skrang gusi msh bengkak. Apakah itu normal dan bagaimana cara menghilangkan bengkaknya?

Halo Lina,

Kami memahami keluhan Anda. Salah satu komplikasi dari pencabutan adalah bengkak. Bengkak merupakan proses penyembuhan yang normal dan disebabkan karena semua bagian syaraf dan rahang mengalami trauma ketika gigi geraham dicabut. Bengkak biasanya akan mulai hilang di hari ke-4 sampai hari ke 7. Jika setelah 7 hari masih bengkak, segera periksakan ke dokter gigi. Cara menghilangkan bengkaknya, kompres es/dingin pada rahang bekas cabut gigi selama 15 menit, lalu istirahat 15 menit, lalu ulangi lagi selama 15 menit. Minumlah obat anti radang, sesuai dengan resep dokter gigi. Apabila setelah hari ke-4 masih terdapat bengkak, lakukan kompres dengan botol berisi air hangat / handuk hangat / kompresan panas. Letakkan pada rahang bekas gigi dicabut selama  20 menit, lalu istirahat 20 menit, dan kompres lagi selama 20 menit. Kompres hangat akan membuat pembuluh darah disekitar luka pencabutan menjadi lebar. Pelebaran pembuluh darah mampu membawa cairan penyebab bengkak sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

Semoga jawaban Kami dapat membantu Anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar