Sukses

Penyebab Bintik-Bintik Merah Kulit

23 Jul 2016, 22:05 WIB
Pria, 21 tahun.

Assalammualaikum dok. perkenalkan saya ade umur 21 tahun. saya sekarang menderita penyakit gatal dan bintik pada kulit. (MAAF ULASAN SAYA SEDIKIT PANJANG DOK) penyakit ini asal mulanya dirasakan pada bulan oktober 2015. awalnya hanya terjadi gatal di area selangkangan. saat itu saya minum obat GRISEOFULVIN dan satu lagi yang mengandung kortisteroid (lupa nama obatnya). sekitar dalam 2 bulan gatal”mereda tapi muncul penyakit lain yaitu mulai timbulnya bintik”kecil merah pada bagian dada saya. awalnya tidak merasakan gatal, 2-3 minggu setelah munculnya bintik tersebut, baru merasakan gatal pada hampir sekujur tubuh. saya mulai bingung dan cari”di internet serta mendapati itu semacam urtikaria.pernah waktu itu bintik”nya sangat banyak dibagian paha saya (ujungnya seperti ada nanah) dan baru hilang dalam 1 minggu setelah menghentikan makan telur terlalu sering. saya berpikir kalau saya alergi makanan terhadap telur,ayam,seafood,dll. semua bintik di kaki hilang. saya pernah berobat ke spesialis kulit. dokter tersebut melihat sekilas dan mengatakan kalau penyakit saya infeksi jamur kulit dan diberikan 3 resep obat. dan dokter juga bilang kalau tidak ada pantangan makanannya. malam setelah itu saya coba makan telur, tapi besoknya kembali tumbuh bintik baru di kaki dan badan saya gatal”hebat lagi. selama masa pengobatan resep yang diberikan oleh dokter tadi. selama 2 minggu saya juga mencoba menghentikan makan telur. dan hasilnya penyakit saya alergi. setelah resepnya habis, saya tidak kembali ke dokternya untuk kontrol seperti yang dia bilang karna saya pikir saya hanya alergi makanan. selama bulan puasa kemarin saya mulai diet ketat terhadap makanan yang mengandung alergen dan rutin minum obat alergi (cetirizine). tapi penyakit ini tidak juga sembuh total sampai sekarang dan tetap gatal walaupun hanya sedikit. dan kalau saya hentikan minum obat, gatalnya sangat mengganggu. padahal saya tidak ada lagi makan telur atau makanan penyebab alergi. mohon bantuannya dan sarannya dok, atas riwayat yang saya ceritakan tadi apa penyakit saya sebenarnya? saya takut ketergantungan obat dok, walaupun kata apoteker obat cetirizine ini boleh digunakan jangka panjang. kadang saya berpikir lagi apakah ini benar infeksi jamur kulit? atas bantuan dan sarannya, terima kasih banyak dok.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.Banyak sekali penyebab bintik merah kulit. Namun saya akan berusaha menjelaskan bintik merah secara umum dan semoga dapat memuaskan rasa ingin tahu anda.

Secara umum, bercak-bercak merah memang dapat merupakan kelainan kulit yang dapat terjadi karena alergi atau karena infeksi (misal: virus), atau kelainan pada komponen darah trombosit. Jika memang karena alergi atau karena kondisi tubuh tertentu, memang tidak dapat hilang sepenuhnya karena mekanisme alergi memang akan selalu muncul selama hal-hal yang menyebabkan alergi tersebut mengenai orang bersangkutan. Yang perlu Anda ketahui adalah penyebab munculnya keluhan ini, kapan saja muncul, sehingga dapat dihindari dan dicegah. Apakah karena obat atau hal-hal atau benda-benda tertentu.

Adapun pertanyaan yang perlu anda jawab adalah: anda mengatakan ada bintik-bintik,bagaimana sifat bintik-bintik tersebut,ukuran,isi,luas,bentuk,lokasi tepatnya.apakah terdapat keluhan lainnya?

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas.Kami sarankan Anda mengunjungi dokter  saat keluhan bercak merah terjadi agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung saat terjadi gejala. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar