Sukses

Perut Membesar Liver Atau Bukan

23 Jul 2016, 11:40 WIB
Pria, 21 tahun.

Kalau perut membesar itu, apakah bisa dikatakan penyakit lever tidak dok? soalnya ibu saya mengalami hal tersebut. padahal sudah saya bawa ronsen dan USG tidak kelihatan penyakitnya. Mohon bantuannya dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah terdapat keluhan yang menyertai gejala perut membesar tersebut seperti nyeri? Apakah terdapat peningkatan atau penurunan berat badan? Aapakah badan tampak kuning? Aapakah terdapat masalah dalam buang air besar, berkemih, menstruasi? Sayang sekali hasil USG dan rontgen perut ibu Anda tidak dicantumkan, karena mungkin dapat membantu mengetahui penyebab pembesaran perut pada ibu Anda.

Perut membesar dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah penumpukan lemak di dinding perut, pembengkakan organ dalam (tumor), penumpukan cairan di dalam perut (asites), dan lain-lain. Asites merupakan suatu kondisi di mana terjadi penumpukan cairan yang tidak seharusnya terjadi di rongga perut. Hal ini dapat disebabkan oleh:

  1. Masalah pada organ hati (gagal hati akut, sirosis hati, hepatitis, hipertensi portal)

  2. Masalah pada organ empedu (penyakit sumbatan empedu)

  3. Masalah pada organ jantung (pembengkakan jantung)

  4. Masalah pada organ ginjal (sindrom nefrotik, sindrom hepatorenal)

Adapun dalam membedakan penyebab yang mendasari keluhan pada ibu Anda tentunya harus melalui pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter, bila perlu disertai pemeriksaan radiologi. Untuk itu, kami sarankan agar anda memeriksakan ibu Anda ke dokter, agar bila ternyata perut membesar tersebut merupakan penyakit, dapat ditangani dengan cara yang tepat.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar