Sukses

Puasa Daud

27 Jul 2016, 17:25 WIB
Pria, 14 tahun.

dok saya sering puasa daud. pada saya tidak berpuasa saya makan 3x sehari(pagi,siang,malam) dan 1x rutin nyemil (magrib). makan malam saya lakukan di malam hari tepatnya jam 9 malam. makan malam itu sekalian saya jadikan sahur. gimana dok boleh tidak?

Halo.

Saat berpuasa, yang terpenting adalah kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi. Namun alangkah lebih baiknya jika Anda tetap melakukan sahur, selain mendapatkan pahala, Anda kebutuhan nutrisi Anda juga tetap terjaga. Jika Anda makan pada malam hari, maka sebetulnya waktu puasa Anda juga lebih panjang. 

Memilih menu makanan yang baik saat sahur dan berbuka merupakan salah satu kunci sehat selama menjalankan ibadah puasa. Hal ini tentunya akan membuat sistem pencernaan, yang istirahat hampir dua belas jam selama waktu berpuasa, mudah mengalami gangguan jika kita mengonsumsi makanan sembarangan. 

Berikut hal-hal yang harus Anda hindari saat sahur dan berbuka puasa, agar puasa Anda tetap lancar:

  • Jangan makan terlalu cepat. Kunyahlah makanan sampai halus agar dapat meringankan kerja pencernaan. 
  • Jangan langsung beraktivitas berat atau kembali tidur setelah sahur, beri waktu (30 menit) makanan masuk ke sistem pencernaan dengan sempurna. 
  • Hindari makanan bersantan saat sahur, karena makanan bersantan membutuhkan waktu lebih lama untuk dikosongkan di dalam pencernaan. 
  • Hindari kegiatan merokok setelah berbuka puasa. Merokok dapat menurunkan daya tahan tubuh, serta meningkatkan risiko terjadi infeksi bakteri pylori yang menyebabkan kondisi cairan pelapis lambung menjadi menipis.
  • Jangan mengonsumsi makanan yang banyak setelah berbuka puasa. Mengonsumsi makanan yang berlebihan saat berbuka puasa dan sahur dapat menyebabkan lambung bekerja mendadak, sehingga timbul gejala kembung, sulit BAB, nyeri lambung, dan sebagainya.
  • Menghindari minuman kopi, susu full cream dan teh karena dapat meningkatkan asam lambung. 
  • Menghindari makanan asam, pedas dan mengandung cuka karena dapat menyebabkan perlukaan di dinding lambung. 
  • Menghindari makanan yang mengandung gas saat berbuka dan sahur, seperti kol, sawi, susu, buah apel atau minuman bersoda.
  • Menghindari makanan yang terlalu manis saat berbuka, karena dikhawatirkan dapat meningkatkan keinginan untuk menyantap makanan lain dalam jumlah yang besar. Makanan manis yang disarankan adalah kurma atau buah potong. 
  • Menghindari makanan berminyak seperti gorengan, karena selain dapat memperlambat pengosongan lambung, makanan berminyak membuat lambung bekerja lebih keras karena sulit untuk dicerna.
  • Menghindari mengonsumsi makanan yang difermentasi saat berbuka puasa atau sahur, contohnya tape singkong dan tape ketan. Makanan tersebut dapat membuat perut menjadi kembung dan tidak nyaman.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar