Sukses

Nyeri di Kedua Tangan Pada Penari Saman

23 Jul 2016, 10:26 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, kedua tangan saya terasa kemeng (nyeri) di bagian seluruh tangan. Sudah 3 hari seperti ini. Saya sudah coba urut dan membaluri tangan dengan counterpain tapi tetap saja rasa nyerinya tidak berkurang. Saya penari saman. Apa ada obatnya dok? Dan apa sebaiknya yang saya lakukan agar rasa nyerinya berkurang?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun untuk mengetahui penyebab pasti serta pengobatannya, perlu lebih diperjelas di bagian tangan mana sajakah nyeri dirasakan? Apakah ada pemicu nyeri misalnya gerakan tertentu? Apakah ada rasa kesemutan yang menyertai? Perbedaan dari jawaban atas pertanyaan yang saya sebutkan akan membedakan penyebab nyeri pada tangan anda apakah disebabkan masalah otot, tulang, atau saraf. Salah satu penyakit saraf pada tangan yang cukup sering ditemui adalah Carpal Tunnel Syndrome, yaitu penekanan saraf pada pergelangan tangan yang menimbulkan rasa kesemutan dan nyeri pada jari terutama 3 jari bagian luar (kelingking, jari manis, jari tengah), atau rasa panas dan terbakar dari ibu jari sampai jari tengah. Terkadang penekanan saraf seluruhnya dapat menyebabkan seluruh pergelangan tangan merasa ksesemutan. Carpal Tunnel Syndrome terjadi karena penekanan saraf di pergelangan tangan akibat dari pembengkakan atau retensi cairan.

Namun, untuk memastikan secara jelas penyebab nyeri yang anda rasakan, kami sarankan agar anda memeriksakan diri secara langsung kepada dokter. Untuk sementara, anda dapat mengurangi rasa nyeri dengan obat antinyeri yang dijual bebas di apotek, kompres hangat, dan mengistirahatkan terlebih dahulu area yang nyeri.

Demikian penjelasan yang daoat kami berikan. Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar