Sukses

Saluran Penghubung Telinga dan Hidung

21 Jul 2016, 13:24 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saat ini saya sedang terserang batuk dan pilek. Batuk yang saya alami tidak berdahak. Saat ini selain saya sedang merasakan batuk dan pilek, telinga saya juga ikut serta tersumbat Dok, seperti halnya apabila hidung pilek lalu tersumbat. Yang ingin saya tanyakan apakah memang ada kaitannya dengan batuk dan pilek yang saya alami terhadap telinga Dok? Terimakasih, mohon jawabannya. dan saran dari Dokter.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klik Dokter.
 
Saluran lubang hidung kita memiliki muara di tenggorokan. Begitu pula halnya dengan telinga kita. Telinga dihubungkan dengan tenggorokan melalui sebuah saluran yang dinamakan tuba eustachius. Saluran ini berfungsi untuk menetralkan tekanan pada telinga tengah supaya sama dengan tekanan udara luar.

Bila kita sedang pilek, maka produksi lendir saluran napas kita akan meningkat. Meningkatnya produksi lendir ini dapat menyebabkan sumbatan pada saluran tuba tadi. Hal ini bila tidak ditangani dengan segera dapat memicu terjadinya infeksi telinga, serta menimbulkan keluhan lain seperti nyeri telinga, rasa penuh atau berdengung pada telinga. Penumpukan lendir pada tuba merupakan tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Penumpukan cairan tersebut akan mengganggu fungsi tuba untuk menyeimbangkan tekanan telinga tengah. Lama kelamaan tumpukan cairan tersebut akan meningkatkan tekanan di dalam telinga dan dapat merusak gendang telinga, hal ini akan menimbulkan nyeri hebat pada telinga Anda. 

Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengobati penyebabnya, dalam hal ini infeksi pada saluran pernapasan. Apabila gejala batuk pilek mereda, umumnya gejala pada telinga juga ikut mereda, kecuali bila infeksi saluran pernapasan tersebut tidak diobati dalam waktu lama dan sudah menyebabkan infeksi di telinga, maka diperlukan pengobatan yang berbeda untuk infeksi di telinga tersebut.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat!

0 Komentar

Belum ada komentar