Sukses

Bolehkah Konsumsi Susu Hamil sebelum Mulai Hamil?
21 Jul 2016, 09:51 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat sore,dok sy mau tanya, 2 bln lg sy mau menikah,apakah sudah bisa mulai mengkonsumsi susu prenagen esensis atau tidak?karena harapannya setelah menikah bisa langsung hamil.terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Pada ibu hamil, kebutuhan nutrisinya bertambah karena harus memberi makan janin. Protein dan kalsium sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Protein dibutuhkan agar sel-sel dapat bekerja dengan baik, dapat membangun dan memperbaiki dirinya. Sedangkan kalsium dibutuhkan agar kesehatan tulang dan gigi tetap terjaga.

Susu dan dairy products seperti keju dan yoghurt merupakan sumber protein dan kalsium yang baik. Kalsium dari dairy products ini sangat baik karena mudah diserap oleh tubuh.

Susu ibu hamil sudah difortifikasi sedemikian rupa untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang bertambah tersebut. Walaupun begitu, perlu diperhatikan bahwa komposisi dan frekuensi makanan yang Anda konsumsi sehari-hari lebih berperan dalam mempersiapkan tubuh Anda untuk hamil. Susu hanya bersifat sebagai pelengkap/suplemen dan bukan pengganti makanan sehat.

Beberapa wanita tidak dapat menerima rasa susu ibu hamil yang memang berbeda dari susu biasanya (karena kandungan zat besinya yang tinggi). Bila tetap ingin minum susu selama hamil, susu UHT maupun yang sudah di Pasteurisasi pun aman untuk dikonsumsi. Pada prinsipnya, konsumsi susu hamil maupun susu biasa dari sebelum mulai hamil tidak memberikan efek buruk.

Sebelum hamil, zat yang paling penting harus dipersiapkan adalah asam folat. Asam folat ini berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan saraf janin serta menjaga kadar Hemoglobin (kepekatan darah) ibu tetap di rentang normal. Asam folat umumnya diberikan 3 bulan sebelum mulai hamil sampai masa hamil selesai dengan dosis 400 mikrogram (ug) /hari.

Konsultasikan dengan dokter kandungan bila Anda memang merencanakan hamil dalam waktu dekat. Tujuannya agar tubuh Anda siap dan sudah dilengkapi oleh nutrisi yang diperlukan agar janin bertumbuh dan berkembang dengan optimal.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar