Sukses

Reaksi Alergi pada Kulit
20 Jul 2016, 14:36 WIB
Wanita, 26 tahun.

Alergi kulit kambuh lagi? Selamat siang dok.nma saya pepi,saya inginak bertanya tntang kulit anak saya .dipipi ma di kpla,merah2 dan mengeluarkan air.sudah pernah saya bwk kedokter anak,dy blng alergi kulit.hbis minum obt Setela itu kambuh lgi.solusi apa yahh supaya penyakit kulit itu gak kambuh lgi.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Setiap orang dapat memiliki kerentanan yang berbeda-beda terhadap alergen. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi pada anak Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, kondisi udara, dan sebagainya yang dapat memicu timbulnya alergi pada anak Anda. 

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, dan hal terpenting yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan dan menghindari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi pada anak Anda dan menghindarinya. 

Seorang dengan alergi memiliki kulit kering sehingga cenderung lebih rentan terhadap gatal dan infeksi. Yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer.
  • Gunakan pelembab pada tangan.
  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering.
  • Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan.
  • Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.
  • Hindari mandi dengan air hangat/panas karena akan membuat kulit kering.

Anda dapat menerapkan tips di atas dan lanjutkan pengobatan sesuai anjuran dokter. Tidak ada makanan anti-alergi, dan bila alergi muncul dapat diberikan obat-obatan golongan antihistamine, seperti CTM, cetirizine, atau loratadine. Sekali lagi, ditekankan untuk mengenali dan menghindari penyebab alergi pada anak Anda. Perlu diingat juga bahwa untuk kondisi kulit, pemeriksaan fisis secara langsung merupakan hal yang penting untuk menentukan diagnosis yang tepat dan pemberian tatalaksana yang sesuai. Maka dari itu, kami juga menganjurkan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter terkait keluhan kulit yang dialami oleh anak Anda, agar dapat dipastikan apakah diagnosisnya sudah sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Medis KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar