Sukses

Apakah Nasi Boleh Diganti Untuk Bayi?

17 Jul 2016, 17:42 WIB
Wanita, 17 tahun.

boleh kah mpasi anak umur 1th nasi di ganti dengan makanan lain seperti jagung dan kentang? apa akan mempengaruhi gizinya?

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Berikut kami akan coba membahas sedikit mengenai MPASI anak Anda

Untuk bayi usia 6-8 bulan, Anda dapat memberikan jenis makanan berikut yang dihaluskan (dibuat menjadi pure) : kentang, apel, pisang, peach, pear, sereal, dan bubur susu. Anda dapat menambahkan sedikit ASI/susu formula ke dalam pure buah tersebut, agar si kecil yang sudah terbiasa dengan rasa susu dapat menerima makanan padat tersebut dengan baik. Cobalah dahulu porsi sebanyak 1 sendok makan. Jika si kecil sudah mulai bisa menerima, tingkatkan porsinya sedikit demi sedikit. 

Untuk bayi usia 8-10 bulan, Anda bisa mulai meningkatkan tekstur makanan si kecil, tidak perlu terlalu halus lagi (menjadi bubur saring). Anda juga sudah bisa mencoba memberikan dia makanan yang dapat dipegangnya (finger food).

Untuk usia 10-12 bulan, Anda dapat menambahkan keju, buah yang dipotong kotak-kotak kecil, pasta, yogurt, dan telur. Sumber karbohidrat seperti nasi, kentang, maupun ubi dapat diberikan dalam bentuk lunak dan tidak perlu terlalu halus.

Setelah lewat usia 12 bulan, anak Anda sudah mulai dapat memakan makanan orang dewasa dan minum susu cair (susu UHT atau pasteurisasi). Pemberian sumber karboohidrat seperti nasi sudah dapat diberikan dalam bentuk normal, namun jangan memaksakan anak untuk menghabiskan makanan.

Apakah sumber karbohidrat dapat diganti? Pemberian sumber karbohidrat dapat diberikan bervariasi agar tidak menimbulkan kebosanan pada anak dan memberikan tambahan khasanah rasa kepada anak. Dan tentu saja sumber karbohidrat lain pun selain nasi sama bermanfaatnya dengan nasi. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar