Sukses

Penyebab Sesak Pada Dada

16 Jul 2016, 20:32 WIB
Pria, 21 tahun.

tears nyesak di tengah-tengah dada tiba2 kenpa ya dong , itu terkadang2 såja.. rasanya superit testekan di dada. knp ya

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsulasi klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda

Rasa sesak yang dirasakan dapat disebabkan oleh beberapa hal, pada umumnya melibatkan beberapa organ seperti paru, jantung, maupun lambung. Gangguan pada organ-organ tersebut dapat menyebabkan keluhan sesak yang berbeda.

Jantung

Kelainan pada jantung dapat menyebabkan rasa sesak dan mudah lelah ketika kita beraktivitas, namun hilang pada saat kita beristirahat. Derajat sesak dan lelah tergantung dari berat ringannya gangguan jantung tersebut. Biasanya gangguan diakibatkan oleh penyakit gagal jantung.

Paru

Sesak merupakan gejala yang paling sering dirasakan jika kita terkena berbagai gangguan pada organ paru. Asma merupakan penyakit tersering yang menyebabkan keluhan sesak, diikuti pneumonia, bronkitis, dan beberapa penyakit paru lainnya seperti TBC dan Penyakit Paru Obstruktif (PPOK). Sesak pada paru dapat diikuti dengan gejala batuk, namundapat juga tidak.

Lambung

Orang yang menderita penyakit maag atau gastritis sering mengalami keluhan sesak terutama pada bagian dada tengah, terutama jika terjadi kekambuhan pada penyakitnya. Gejala sesak akan hilang jika faktor penyebab kekambuhan penyakit tersebut ditangani seperti mengonsumsi obat maag atau makan.

Sebenarnya ada beberapa pertanyaan yang ingin kami ajukan untuk semakin mengarahkan apa penyebab sesak yang Anda rasakan seperti; pencetus sesak, lama sesak, dan apakah yang menyebabkan sesak Anda berakhir?

Namun untuk mengetahui penyebab keluhan sesak Anda secara lebih pasti, sebaiknya Anda konsultasikan keluhan Anda kepada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar