Sukses

Penggunaan Obat Pada Kehamilan

19 Jul 2016, 14:47 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok saya mau tanya saya sedang hamil jalan 5 bulan. Apakah wanita hamil boleh minum obat maag Nexium 20mg? Apakah ada efek untuk janin saya? Saya jg diresepkan obat Ulsicral dan Cedatron. Mohon untuk segera dijawab...Terima kasih sebelumnya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Anda benar sekali, ibu yang sedang hamil harus berhati-hati dengan obat yang dikonsumsinya karena beberapa jenis obat dapat menyebabkan efek yang kurang baik terhadap janin Anda.

Untuk obat pertama yang Anda sebutkan, yang memiliki isi esomeprazole, tergolong dalam kategori C untuk kehamilan. Adapun kategori C memiliki arti bahwa penggunaan obat ini masih diperbolehkan bila memang memberikan manfaat pada sang ibu hamil, lebih besar dibandingkan efek samping yang dapat terjadi. Dalam kategori C, belum ada penelitian penggunaan obat terhadap manusia maupun hewan, namun penggunaannya masih diperbolehkan.

Untuk kedua obat terakhir yang Anda sebutkan, yaitu yang berisi sukralfat dan ondansetron, keduanya tergolong dalam kategori B untuk kehamilan. Kategori B memberikan arti bahwa 'may be acceptable', diperbolehkan untuk ibu hamil karena pada studi terhadap hewan tidak menunjukkan adanya risiko.

Terakhir, kami sangat merekomendasikan agar Anda tidak menggunakan obat secara bebas (tanpa anjuran dokter) untuk menghindari timbulnya efek samping yang tidak diharapkan dari penggunaan obat yang sembarangan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar