Sukses

Kedua Tuba Falopii Tersumbat

19 Jul 2016, 14:13 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dear Dokter, Dokter, saya mau bertanya tentang HSG, kemarin tgl 14 juli 2016 saya di HSG atas rekomendasi dari dokter kandungan saya, hasilnya sbb : Hasil : dilakukan pem HSG, kontras dimasukan perorificium cervicalis. Tampak kontrak mengisi uterus, Tidak tampak gambaran kedua tuba. Tidak tampak spill pd kdua tuba. Kavium Uteri : Posisi laterofleksi kiri. Besar dan bentuk normal. Tidak tampak filling detect atau indentasi. Tuba Falopi : Kdua tuba tidak jelas terlihat. Tidak tampak spill pd kdua tuba. KESAN : Kdua tuba buntu. Saya didiagnosis ada miom sebesar 10cm pd Mei 2016. Dengan kondisi seperti ini apakah saya bisa hamil? Tindakan apa yang harus saya lakukan? Apakah benar operasi laparoskopi tidak bisa dilakukan klo saya belum pernah hamil? Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan hasil HSG tersebut, diperoleh gambaran bahwa telah terjadi penyumbatan pada kedua tuba Anda. Adapun patensi tuba (tuba yang normal) adalah hal yang krusial dalam terjadinya kehamilan, sebab bila tuba tersumbat maka sel sperma tidak dapat bertemu dengan sel telur, ataupun sel telur yang telah dibuahi tidak dapat 'ditanamkan' ke rahim akibat jalannya yang tertutup (tuba tersumbat). Bila memang kondisi ini yang sedang terjadi pada Anda, maka kemungkinan besar kehamilan akan sulit terjadi. Penyumbatan tuba adalah penyebab ketidaksuburan yang sering ditemukan.

Penyebab penyumbatan tuba ini bermacam-macam, dan tentunya penyebab yang berbeda akan memberikan penanganan yang berbeda pula. Salah satu penyebab terjadinya penyumbatan tuba adalah infeksi. Adapun untuk dapat mengembalikan kesuburan maka diperlukan suatu tindakan operasi/ pembedahan. Tindakan pembedahan yang terjadi dapat dilakukan secara kecil (microsurgery) maupun operasi besar (laparoskopi). Kebutuhan operasi akan ditentukan ketersediaan alat, kemampuan dokter yang bersangkutan, serta kondisi organ kandungan Anda yang tentunya harus dipastikan lewat pemeriksaan langsung. Mengenai pertanyaan terakhir Anda, apakah operasi laparoskopi tidak bisa dilakukan bila belum pernah hamil, jawabannya bisa. Anda tetap bisa menjalani operasi laparoskopi meskipun belum pernah hamil, meskipun memang ada risiko yang dihadapi. Untuk itu kami sarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut pada dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang telah merawat Anda. Semoga masalah Anda cepat teratasi dan Anda segera bisa hamil.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar