Sukses

Batuk dan Pilek Tak Kunjung Sembuh

14 Jul 2016, 06:15 WIB
Wanita, 21 tahun.

Halo, Selamat Sore. Saya Lagi Flu & Batuk Nih udah 1 minggu, udah minum obat dari apotek, tetap aja. Kepala Sering pusing. kenapa gitu yah, kasih solusi terbaiknya. thanks

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya izinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan terkait keluhan Anda.

1. Bagaimana karakteristik batuk Anda? apakah batuk kering atau berdahak?
2. Apakah gejala pilek disertai hidung tersumbat?

3. Apakah disertai demam?

4. Apakah disertai nyeri tenggorokan?

5. Apakah Anda memiliki riwayat alergi?

6. Apakah Anda merokok?

7. Apakah disertai gejala sesak napas?

8. Apakah terdapat nyeri tekan pada daerah tulang wajah?

9. Apakah jenis obat yang sudah Anda konsumsi?
 

Batuk dan pilek seringkali disebabkan oleh selesma (common cold) yang biasanya disebabkan oleh virus dan dapat sembuh dengan sendirinya. Selain batuk dan pilek, selesma juga dapat disertai dengan nyeri kepala. Penanganan selesma tidak membutuhkan antibiotik karena disebabkan oleh virus, untuk mengatasinya adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan vitamin C, beristirahat yang cukup dan mengonsumsi air putih minimal 2L/hari. Untuk mengurangi gejala sakit kepala dapat mengonsumsi obat yang megandung parasetamol (asetaminofen), untuk mengatasi batuk dapat mengonsumsi guafinesin dan pilek dengan obat yang mengandung chlorfeniramin maleat (CTM), loratadin atau cetirizine. untuk mengatasi hidung tersumbat dapat mengonsumsi obat yang mengandung pseudoefedrin (namun penggunaannya harus berhati-hati bagi penderita tekanan darah tinggi, sakit jantung, ibu hamil dan menyusui).

Bila keluhan tidak mengalami perbaikan (atau semakin memburuk) setelah satu minggu, disertai demam tinggi kemungkinan batuk dan pilek yang Anda alai disebabkan oleh bakteri yang membutuhkan antibiotik untuk penanganannya. Namun, untuk memastikannya tetap perlu pemeriksaan langsung dengan dokter terlebih dahulu. Karena jika sembarangan menggunakan antibitik dapat menyebabkan resistensi antibiotik yang berakibat tidak mempannya tubuh seseorang terhadap satu jenis antibiotik (membutuhkan antibiotik yang lebih kuat bila sakit kembali). Selain itu dapat pula keluhan Anda disebabkan oleh sinusitis. 

Sekilas mengenai sinusitis:
 

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • Kurangnya oksigen
  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Bagaimanapun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari pemicunya. Sehingga sangat mungkin untuk terjadi kekambuhan.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Tujuan operasi adalah untuk memperbaiki drainase atau aliran sinus dengan mengangkat/menghilangkan sumbatan dan drainase mukus. Terapi pembedahan jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus. Gejala yang paling khas adalah pusing, sakit kepala dan pilek.

 

Oleh sebab itu, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan wawancara medis terarah dan pemeriksaan langsung sehingga dikethahui secara pasti penyebab keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar