Sukses

BAB Bayi yang Minum Susu Formula

13 Jul 2016, 23:19 WIB
Wanita, 26 tahun.

dok, anak saya laki2 usia 4bln. saat usia 2bln sya beri dia sufor NAN Nutrigold 1 (krn ASI tdk keluar). namun setelah minum sufor selalu BAB sehari 4-6x warnanya kuning/berlendir/lembek. setelah saya ikutin saran dari keluarga utk ganti sementara ke Sufor Morinaga NL 33 alhasil BAB anak saya sehari hanya 1-2x namun warnanya abu2. awal bln Juli saya coba ganti lg sufornya ke Bebelove 1, namun kembali lagi beberapa jam setelah minum sufor BAB, sehari 3-4x warnanya kuning kecoklatan dan sedikit. Apakah anak saya normal dan baik2 saja dok?

Terimakasih Anda sudah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Karakteristik BAB bayi yang minum susu formula saja yaitu berwarna kuning kecoklatan, dengan tekstur yang lebih padat daripada BAB bayi ASI. BAB cenderung kental dan menempel di popok. Selain itu, BAB bayi yang minum susu formula juga cenderung lebih berbau asam dibandingkan bayi ASI. Frekuensinya juga lebih jarang. Untuk bayi Ibu, usia 4 bulan, rata-rata 1 kali sehari, kadang lebih.

BAB bayi yang normal:

- Warna dapat berubah-ubah, kuning, kehijauan, atau coklat.

- Kadang-kadang bayi tidak BAB sama sekali selama 1-2 hari, bahkan 1 minggu. Tidak perlu cemas selama bayi masih mau minum dan berat badan bertambah.

BAB bayi yang tidak normal (dan sebaiknya Anda konsultasi ke dokter anak Anda):

- BAB disertai lendir, air, atau darah, yang dapat merupakan tanda alergi atau infeksi.

- BAB yang terlalu keras, tanda konstipasi pada bayi.

Dari cerita Ibu, untuk saat ini, kondisi anak Ibu terlihat sudah membaik. Namun, ada baiknya konsultasikan dengan dokter anak Anda untuk memastikan apakah susu formula yang digunakan sudah cocok atau belum. Saran kami untuk ke depannya, setiap penggantian merk susu formula sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

0 Komentar

Belum ada komentar