Sukses

Akurasi Test Pack untuk Tes Kehamilan

13 Jul 2016, 23:19 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok jika melakukan tes kehamilan dengan testpack 2 bulan setelah berhubungan, apakah hasilnya masih dapat akurat?

Terimakasih Anda sudah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Tes kehamilan mendeteksi kadar hormon beta-hCG (human chorinic gonadotropin) dalam urin Anda. Hormon beta-hCG ini merupakan hormon yang dihasilkan oleh plasenta (ari-ari) embrio (bakal janin). Test pack memiliki sensitivitas yang berbeda-beda terhadap kadar hormon beta-hCG yang bisa dideteksi, tergantung merk produk yang digunakan. Rata-rata yang dijual di Indonesia memiliki tingkat sensitivitas sebesar 25 mIU/mL, ada juga yang 10 mIU/mL (lebih sensitif karena dapat mendeteksi kadar beta-hCG yang lebih kecil). Test pack ini dapat mendeteksi kehamilan sejak 6 sampai 14 hari sejak pembuahan (yaitu sejak berhubungan intim). Tetapi, hasil paling akurat akan didapatkan apabila Anda sudah mengalami telat haid, kurang lebih 3-4 hari dari tanggal haid yang seharusnya. Kadar beta-hCG sendiri mencapai puncaknya pada minggu ke-8 hingga ke-11 kehamilan yang dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Bila Anda melakukan test pack pada hari-hari ini hasilnya bisa dipastikan positif bila memang hamil.

Untuk mendapatkan hasil test pack yang akurat, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Selalu catat hari pertama haid terakhir Anda (sebelum tidak haid/telat haid)

2. Sebaiknya lakukan test pack di pagi hari karena kadar hormon beta-hCG akan lebih terkonsentrasi

3. Jangan banyak minum sebelum melakukan test pack, karena itu akan membuat urin Anda lebih encer sehingga kadar hormon beta-hCG kurang terkonsentrasi

4. Selalu baca dengan seksama petunjuk pemakaian test pack di kemasan, petunjuk dapat berbeda tergantung merk yang digunakan

5. Hasil positif bila didapatkan 2 strip yang jelas

 

Apabila didapatkan hasil positif/negatif dan Anda masih ragu, ulang kembali 1-2 hari kemudian, boleh dengan merk test pack yang berbeda.

Bila Anda masih belum yakin dengan hasil test pack Anda, periksakan diri ke dokter kandungan Anda. Beliau akan melakukan USG kandungan yang akan mengkonfirmasi apakah Anda hamil atau tidak.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar