Sukses

Bintil pada Skrotum : Apa Penyebabnya?

21 Jun 2016, 07:03 WIB
Wanita, 0 tahun.
Assalam dok, Saya lajang umur 23thn, Sudah sekitar 3 minggu di skrotum saya ada 2 bintil sebesar biji wijen seperti jerawat dan ketika dipegang benjolan itu rasanya keras jd ketika sedang dibersihkan menggunakan sabun sangat terasa ketika tersentuh. Kira2 sakitnya apa ya dok? Fyi : Saya jg belum pernah berhubungan seks , cm jd sedikit agak khawatir aja dok. Trims

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah ada rasa panas, gatal, atau nyeri pada daerah sekitar bintil- bintil tersebut?
 
Bintik-bintik pada daerah kulit skrotum dan bagian kulit penis bagian pangkal, jika tidak ada rasa panas, nyeri atau gatal, dapat merupakan hal yang normal. Bintik-bintik putih tersebut dapat merupakan kelenjar sebasea (minyak) pada folikel rambut (kantung tempat tumbuh rambut) di kulit dan folikel rambut ini memang dapat ditumbuhi rambut.
 
Namun jika muncul keluhan gatal yang terkait dengan konsumsi makanan tertentu maka dapat juga terjadi reaksi alergi di daerah skrotum. Penanganan alergi yang terutama adalah dengan melakukan penghindaran terhadap bahan-bahan yang menyebabkan alergi.
 
Sebaiknya bintik-bintik ini tidak ditekan atau dipecahkan karena dapat memicu terjadinya peradangan dan infeksi. Jika bintik-bintik tersebut tidak mengganggu maka sebaiknya dibiarkan saja. Namun jika sudah dipecahkan maka perlu dipastikan apakah memang jerawat dan apakah terjadi infeksi. Untuk itu diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter.
 
Selain itu, lesi berbentuk jerawat tersebut dapat disebabkan karena adanya infeksi di daerah kemaluan. Infeksi tersebut dapat disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun jamur. Faktor risiko mungkin saja karena kelembaban dan kebersihan daerah kemaluan yang kurang terjaga. Sementara itu jagalah kebersihan kulit di bagian kemal2uan, jangan gunakan celana dalam yang terlalu ketat, mandi 2x/hari. Terutama bila Anda melakukan pencukuran rambut di daerah kemaluan tersebut. Untuk memastikannya, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung jika keluhan ini semakin mengganggu. Dokter akan dapat memberikan penanganan yang tepat setelah pemeriksaan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan Anda sekeluarga selalu sehat.

salam,

0 Komentar

Belum ada komentar