Sukses

Tumbuh Daging Di Dalam Gigi Dan Gusi Bengkak Keluar Nanah
12 Jul 2016, 15:22 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok gigi sy kan berlubang sejak lama tp beberapa bulan ini gigi sy yg berlubang kalau d buat makan tidak sakit tp jika kemasukan makanan sy bersihkan.di dlam gigi itu ada sprti gusi tumbuh jika sy brsihkan dengan tusuk gigi terkena sedikit saja langsung keluar darah bahkan kalau tidak terkena hanya di sedot/di sentuh dengan lidah keluar darah sendiri.kira" knpa ya dok sy mau periksa k dokter gigi mw sy cabutkan tp katanya kalau masih sakit tdak boleh d cabut jd sy g berani periksa dok.trkdang kalau sakit gusi bengkak kanan kiri kdang keluar nanah dan darah..mohon solusinya ya dok

Hallo Tiara,

Saya mengerti kondisi gigi Anda. Gigi yang dibiarkan berlubang sejak lama, jika tidak dirawat sama sekali lama kelamaan akan menjadi mati atau disebut non-vital. Terlebih lagi dengan adanya daging yang tumbuh di dalam gigi tersebut, yang jika disenggol mudah berdarah disebut pulpa polip. Pulpa polip terjadi karena sudah terbentuknya jalur/saluran yang menghubungkan daerah ujung akar gigi dengan dunia luar akibat perjalanan lubang gigi yang sudah lama. Saran kami sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi, untuk memeriksakan keadaan dan ukuran pulpa polip tersebut. Mintalah surat pengantar untuk pembuatan foto rontgen (periapikal). Jika pulpa polip kecil, gusi tidak bengkak kemungkinan masih bisa angkat dan dilakukan perawatan saraf gigi untuk mempertahankan gigi tersebut.

Namun jika pulpa polip terlalu besar dan gusi sedang bengkak kanan kiri dan sakit biasanya akan diberikan resep antibiotik untuk menyembuhkan bengkaknya, dan sampai tidak ada rasa sakit kemudian dilakukan pencabutan gigi tersebut.

Jika tidak segera ditangani, maka perjalanan abses / nanah dapat berlanjut menimbulkan bengkak sampai pipi dan fistel(mata abses) akan muncul di pipi bagian luar sehingga menyebabkan wajah tampak asimetris.

Semoga jawaban kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan TanyaDokter klikdokter.com.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar