Sukses

Mencukur Saat Kehamilan

19 Jun 2016, 04:13 WIB
Wanita, 0 tahun.
dok,saya ibu muda umur 25 th dan dalam kondisi hamil,,yang mau saya tanyakan apakah boleh mencukur rambut ketiak atau rambut yang lain itu nanti mempengaruhi kondisi kehamilan saya atau tidak
dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

 

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Mencukur saat hamil tentu diperbolehkan, asalkan memenuhi beberapa kriteria yang tepat teknik dan baik secara kesehatan, Inilah beberapa tips mencukur sehat:

  1. Sebelum mencukur, basuhlah bagian tubuh yang akan dicukur dengan air hangat atau gunakan handuk yang telah dicelup di air hangat untuk membantu melembutkan janggut dan kumis Anda. Atau opsi lainnya Anda dapat mencukur selagi berada di shower air panas.
  2. Gunakan shaving gel (shaving cream dapat menyumbat pori-pori) dan biarkan selama sekitar 3 menit, baru mulai mencukur. Hal ini akan membantu melembutkan dan melunakkan rambut
  3. Selalu gunakan pisau cukur yang tajam dan bersih. Jika Anda menggunakan pisau cukur yang disposable, gantilah secara reguler setelah 3 atau 4 kali mencukur. Jika Anda selalu mengalami iritasi kulit setiap kali mencukur, gunakanlah pisau cukur dengan satu mata pisau. Bersihkan selalu pisau cukur Anda secara rutin.
  4. Cukurlah dengan tekanan minimal searah dengan arah tumbuhnya rambut. Jika melawan arah tumbuhnya rambut, dapat berpotensi menyebabkan pseudofolliculitis barbae.
  5. Setelah selesai mencukur, basuhlah bagian tubuh yang akan dicukur  dengan air dingin untuk menutup pori-pori dan keringkan namun jangan digosok.
  6. Gunakan pelembab non alkohol setelah mencukur.
  7. Mencukur, bila dilakukan dengan teknik yang tepat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan membantu eksfoliasi kulit (pelepasan lapisan kulit terluar) dengan menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun sebaliknya, bila dilakukan dengan cara yang salah dapat menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar