Sukses

Kandungan Susu Formula

16 Jun 2016, 10:28 WIB
Wanita, 19 tahun.
sufor mn yang baik bwt sikecil,yang laktosax tinggi meski tanpa sukrosa,atau yang Kandungan sukrosanya sedikid?pada sbagian merk sufor tdk mencantumkan lemak nabati yang terkandung didlmx.bagaimn kt sbg konsumen bs tau.soalx lemak nabati yang bersal dr sawit tdk baik untk pencernan sikcil.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi tanya dokter di Klikdokter.com 

Sayang sekali dalam forum tanya dokter ini kami tidak dapat merekomendasikan suatu produk tertentu terkait dengan etika kedokteran dan menghindari adanya bias promosi. 

Perlu Anda ketahui bahwa faktor pertama yang harus perhatikan adalah mencari susu formula yang memiliki kandungan gizi mirip dengan ASI. Hal yang dapat Anda lakukan adalah mencermati label kandungan nutrisi yang terdapat pada kemasan susu formula. Komposisi di dalam ASI tidak mengandung sukrosa, tetapi laktosa atau yang dikenal sebagai gula susu. Jadi sebaiknya pilih susu formula dengan kandungan sukrosa yang sedikit. 


Faktor kedua adalah usia si buah hati. Susu formula pada umumnya dibagi dua macam umur, 0 sampai 6 bulan dan 6 sampai 12 bulan. Pembagian ini berdasarkan pada kondisi pencernaan bayi. Bayi berumur 0 sampai 6 bulan belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna sedangkan bayi berusia 6 bulan lebih sudah memiliki sistem pencernaan yang dapat mengolah makanan selain ASI. Kandungan gizi di antara kedua jenis susu ini tentunya juga disesuaikan dengan usia buah hati. Penting untuk diingat dan diketahui, susu formula hanya diberikan dengan rekomendasi dokter karena indikasi kondisi tertentu. Tidak bisa diberikan sembarangan. Karena bagaimana pun, nutrisi yang terdapat di ASI tidak tergantikan.

Berikut beberapa jenis susu formula yang terdapat di Indonesia: 

  • Susu formula sapi,
  • susu formula soya/isolat protein kedelai,
  • susu protein hidrolisat (ada yang partial, ada yang ekstensif, susu asam amino),
  • susu formula bebas laktosa, dan
  • susu formula spesial untuk bayi prematur atau bayi dengan kondisi spesial.

Susu formula yang sudah beredar di pasaran tentunya sudah melalui pemeriksaan BPOM dan tentunya aman dikonsumsi oleh anak, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan kandungan yang terdapat di susu bersebut, kecuali anak Anda memiliki riwayat alergi terhadap bahan tertentu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar