Sukses

Flek dan Keputihan Saat Hamil
15 Jun 2016, 14:27 WIB
Wanita, 35 tahun.
Sore dok,saya lagi hamil anak ke 3 ini baru memasuki minggu ke 5, yang mau saya tanyakan wajarkah pada kehamilan ini keluar flek dan sekarang saya mengalami keputihan..apa penyebab dan solusinya,krn setahu saya saya sll menjaga kebersihan semuanya baik kebersihan daerah kemaluan saya..terima kasih dok buat solusinya
dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

 

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Flek-flek yang terjadi pada kehamilan muda dapat menandakan adanya suatu kelainan pada kehamilan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan flek tersebut, di antaranya adalah melakukan hubungan seksual selama kehamilan, keguguran (umumnya abortus iminens yang masih ringan), kehamilan di luar kandungan, kehamilan kosong (blighted ovum), infeksi organ kewanitaan, plasenta di bawah, atau plasenta terlepas.

Penanganannya berbeda-beda untuk setiap kelainan. Namun demikian, untuk saat ini kami sarankan agar Anda melakukan tirah baring (bedrest) terlebih dahulu.

Keputihan memang rentan terjadi pada wanita hamil, karena perubahan hormonal. Hal tersebut wajar terjadi, dan merupakan keputihan fisiologis (normal). Namun apabila tidak dijaga dengan baik, suasana vagina terlalu lembap, menggunakan celana ketat, jarang mengganti pembalut/panty liners, jamur dan kuman dapat menginfeksi organ kewanitaan Anda.

Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan segera untuk mengetahui apa penyebab flek-flek dan apakah keputihan yang Anda alami adalah yang wajar ataukah yang disebabkan oleh penyakit.

Semoga Anda dan bayi selalu sehat dan persalinan Anda lancar.


Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar