Sukses

Haid Tidak Teratur

15 Jun 2016, 10:49 WIB
Wanita, 0 tahun.
selamat siang dokter, Saya wanita berusia 21thn, dan belum menikah, tinggi badan 150, bb 43 Dok, saya mau bertanya. Haid saya selama ini tidak teratur tapi saya tidak mencatat tgl haid dan tdk menghiraukannya. Tapi akhir akhir ini saya mencatat tgl haid saya, berikut : ?>14 oktober 2015 ?>23 november 2015 >? desember ga haid, TELAT!!! , jadi tanggal 2 januari 2016 ?>25 januari 2016 (haid hanya flek dari keputihan sehari 2 harian) >?20 febuari 2016 ?>22 Maret 2016 >?april ga haid ?>mei ga haid sampai saat ini Saya tdk pernah minum obat2an, jarang olahraga dan beberapa bulan ini saya selalu masuk angin saja sakitnya dok, tapi beberapa hari ini saya merasakan sakit pinggang tanda2 haid tidak terlalu sakit, mungkin sepertinya hanya stres, tapi knp sampai selama ini keterlambatan haid saya dok, apa mungkin ada penyakit tertentu ??. Apa yg harus saya lakukan, jika perlu minum obat, obat apa yg bisa membantu ?? Terimkasih
dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

 

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Siklus menstruasi yang normal berkisar antara 21-35 hari, dan berlangsung selama 3-7 hari.

Haid yang tidak teratur belum tentu merupakan suatu penyakit. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ketidakteraturan siklus haid, yaitu :

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama, diet ketat, kurang gizi, obesitas, stres fisik dan psikologis, atlet, kurang vitamin K, penggunaan obat-obatan tertentu, kelainan pembekuan darah, gangguan hormon tiroid, gangguan hormon kewanitaan, kelainan organ reproduksi, dan lain-lain.

Apabila keluhan Anda terus berlanjut, kami sarankan agar Anda melakukan kunjungan kepada dokter agar dapat diperiksa secara langsung.


Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar