Sukses

Influenza Tidak Kunjung Sembuh

14 Jun 2016, 18:58 WIB
Wanita, 0 tahun.
Selamat malam, Dok... Saya sudah delapan hari kena influenza dan batuk berdahak yang menjengkelkan. Selama itu saya sudah minum Procold 18 kaplet, Komix Herbal 8 tube & perasan jeruk nipis. Tp blm sembuh jg. Maaf, Dok... Saya bukannya kelebihan obat kan? Terimakasih.

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Kami sangat senang Anda mempercayakan kesehatan Anda pada kami.

Batuk atau influenza yang disebabkan oleh virus memang umunya akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan daya tahan tubuh dalam kurun waktu 7-10 hari. Akantetapi terkadang, infeksi virus ini ditumpangi oleh bakteri sehingga menyebabkan keluhan klinis yang dialami menjadi lebih berat dan durasi sakitnya menjadi lebih lama. Selama tidak ada penurunan kondisi tubuh dengan drastis, tidak ada perubahan warna cairan hidung menjadi kuning atau hijau, maka Anda cukup menambah porsi istirahat dan menjaga asupan makanan yang bergizi. Perlahan, daya tahan tubuh Anda akan memerangi sendiri virus pengganggu.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pada kondisi tertentu influenza dapat ditumpangi bakteri. Salah satu cirinya adalah perubahan warna sekret hidung menjadi kuning atau kehijauan. Pada kondisi ini diperukan antibiotik sebagai terapi utamanya. Antibiotik ini harus diberikan atas petunjuk dari dokter untuk menghindari terjadinya resistensi di kemudian hari. Olehkarena itu, bila Anda menemui keluhan tersebut pada diri Anda, atau kondisi umum tubuh menurun drastis maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter guna evaluasi secara menyeluruh dan mendapatkan terapi yang paling sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan Anda selalu sehat.


Salam,


0 Komentar

Belum ada komentar