Sukses

Pendengaran berkurang

14 Jun 2016, 15:26 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dok, sy waktu itu dipukul bapak saya, bapak saya pukul telinga saya yg kanan sampai ada dengung nginggggggggggggggg. Setelah beberapa lama, telinga kanan saya mulai kurang pendengarannya daripada yg kiri. Apakah masih bisa ditanggulangi dok? Mohon bantuannya dok, apakah akan permanent atau bisa di sembuhkan?
dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami,

Apakah pendengaran Anda berkurang secara perlahan atau tiba-tiba?  Ada tiga jenis utama dari gangguan pendengaran:

Gangguan pendengaran konduktif terjadi dari masalah di liang telinga.  Gendang telinga atau telinga tengah tidak dapat mengirimkan suara secara efektif ke telinga bagian dalam. Masalah ini dapat disebabkan oleh infeksi telinga, tumor, atau benda (seperti penumpukan lilin) di telinga.

Kehilangan pendengaran sensorineural seringkali disebabkan oleh kerusakan sel-sel rambut di telinga bagaian dalam. Penyebab potensial lainnya termasuk kerusakan pada saraf atau otak 8. Jenis gangguan pendengaran sering disebabkan oleh usia-terkait perubahan saraf dan sel-sel sensorik dari telinga bagian dalam.

Gangguan pendengaran campuran adalah kombinasi dari gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural, yang berarti bahwa mungkin ada kerusakan di telinga luar atau tengah, serta di telinga bagian dalam (koklea) atau saraf pendengaran. Kehilangan pendengaran campuran dapat disebabkan oleh cedera kepala, infeksi kronis, atau kelainan bawaan.

Mengingat banyaknya penyebab masalah penurunan pendengaran pada telinga, sulit bagi kami untuk menentukan penyebab mana yang mendasari keluhan pada diri Anda. Tanpa mengetahui penyebab yang tepat, maka penanganan yang sesuai juga sulit untuk dilakukan. Untuk itu kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter, bisa juga dengan dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan penunjang (seperti audiometri) bila diperlukan.

Semoga keluhan Anda segera teratasi ya,

0 Komentar

Belum ada komentar