Sukses

Tidak Haid 8 bulan

14 Jun 2016, 14:30 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dok saya mau tanya,adik saya dr pertama kali haid sampe sekarang haid nya tidak teratur,kadang pernah sampai 8 bulan ga haid terus pas haid lagi haidnya bisa sampai 3 bulan ga brenti2,sampai2 masuk rumah sakit dan menjalani transfusi darah karena banyak sekali darah yg keluar.kata dokter nya sih katanya harus di kuret ,yg jd pertanyaan saya adakah cara lain selain di kuret berhubung adik saya belum menikah,kalo ga ada aman kah di kuret bagi yg belum menikah ?karena setahu saya di kuret itu hanya d lakukan bagi wanita2 yg sedang mengalami keguguran.
dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah melakukan konsultasi dengan kami,

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Oligomenorea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari. Sedangkan siklus menstruasi kurang dari 21 hari disebut polimenore. Menorrhagia adalah kondisi dimana darah haid berlebihan dan dapat lebih dari 7 hari; sedangkan metrorhagia adalah kondisi dimana siklus haid tidak teratur, kadang satu bulan bisa 2 kali, kadang 1 kali, bisa juga 3 kali. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama

perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)

perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

stres psikologis

atlit

kekurangan vitamin K

penggunaan obat-obatan tertentu

kelainan pembekuan darah

gangguan hormon tiroid, dsb

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ reproduksi. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Kami belum dapat memberikan diagnosis sampai dengan saran terapi sebab kami belum melakukan pemeriksaan secara langsung kepada adik Anda. Ada baiknya apabila hal ini didiskusikan kepada dokter yang menangani adik Anda untuk mendapat tatalaksana lebih lanjut.

Semoga bermanfaat ya

0 Komentar

Belum ada komentar