Sukses

HbsAg positif

14 Jun 2016, 14:15 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dok. Saya mau nanya. Tahun 2013 kemarin saya melakukan MCU, dan hasilnya Hbsag.nya positif. Kemudian saya penasaran untuk coba cek lagi, tapi hasilnya tetap sama positif dan sampai sekarang masih positif. Yang mau saya tanyakan, apakah virus tersebut bisa hilang dengan sendirinya atau ada obatnya? Karena dulu saya konsultasi ke dokter, dokter hanya menyarankan untuk banyak istirahat dan tidak dikasih obat apapun. Mohon penjelasannya. Terima kasih.
dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami,

HBsAg (+) berarti memang  Anda sedang terinfeksi oleh hepatitis B. HBsAg akan menghilang dalam hitungan beberapa bulan atau tahun kemudian akan digantikan dengan Anti HbS. Namun untuk mengetahui virus sedang aktif atau tidak ada beberapa pemeriksaan lain seperti HbeAg ataupun HBV DNA serta pemeriksaan enzim hati seperti SGOT dan SGPT. 

Kebanyakan hepatitis B carriers tidak merasa ataupun terlihat sakit, tetapi mereka dapat mentransmisikan virus tersebut dan membuat orang lain menderita hepatitis B. Bagaimanapun, carriers memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita kerusakan hati yang progresif akibat reaktivasi spontan hepatitis B berulang, sehingga memerlukan pengawasan dokter secara rutin.Sehingga memang apabila belum terdapat keluhan yang bermakna pada Anda, belum akan diberikan terapi. Namun sebaiknya karena seseorang yang mengalami hepatitis B carriers dapat mengalami kerusakan hati, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri secara rutin ke dokter mengenai keaktivan virus setidaknya setiap 6 bulan sampai dengan 1 tahun satu kali.

Demikian informasi ini disampaikan, semoga bermanfaat ya

0 Komentar

Belum ada komentar