Sukses

Gigi Seri Bagian Bawah Nyeri

15 Jul 2016, 15:54 WIB
Wanita, 0 tahun.

Dok, saya wanita lajang berusia 21 tahun. Belakangan ini saya sering mengalami nyeri pada gigi seri bagian bawah. Awalnya saya pikir itu hanya karena saya menggigit benda keras. Tapi sudah 3 hari ini nyeri di gigi tak kunjung sembuh. Ditambah lagi ada sariwan (lubang kecil) pada lidah bagian samping. Setiap berbuka puasa dan sahur saya selalu berkumur dengan air hangat dan mengoleskan Albothyl pada lubang sariawan itu. Tapi tak kunjung sembuh. Bagaimana cara agar saya dapat mengatasi masalah mulut dan gigi dengan cepat? Terima kasih.

Halo Sagita,

Apakah Anda sudah memeriksakan diri ke dokter gigi perihal keluhan Anda tersebut?

Ada beberapa kemungkinan yang dapat saya kemukakan namun kepastiannya tetap membutuhkan pemeriksaan secara langsung. Gigi seri bagian bawah Anda dapat terasa nyeri bila telah terjadi karies (lubang) pada gigi tersebut.

Bila penyebabnya adalah karies, biasanya gigi akan terasa nyeri/ngilu bila ada rangsang seperti suhu atau makanan yang dingin atau asam. Kemungkinan lain adalah gigi anda sensitive. Gigi yang sensitif salah satunya bisa disebabkan karena penurunan gusi yaitu terbukanya sebagian akar gigi yang mengakibatkan gigi menjadi sensitif terhadap suhu atau makanan/minuman dingin atau asam.

Selain itu, bila pada gigi Anda terdapat banyak akumulasi karang gigi, dapat membuat perlekatan gusi ke gigi menjadi rusak dan menyebabkan radang gusi, gusi berdarah bila menyikat gigi dan ketidaknyamanan serta bau mulut. Perlu diperhatikan juga kontak gigi seri bagian bawah tersebut, apakah memiliki kontak yang dengan gigi antagonis rahang atas? karena prematur kontak gigi geligi juga dapat menyebabkan nyeri.

Mengenai sariawan pada lidah jika 7 hari memakai albothyl tidak kunjung sembuh, sebaiknya hentikan pemakaian obat tersebut dan segera periksakan sariawan tersebut.

Untuk mendapatkan diagnosa yang tepat mengenai gigi seri bagian bawah yang nyeri segera periksakan keluhan Anda ke dokter gigi, hingga bisa mendapatkan terapi yang tepat dan cepat.

Semoga jawaban Kami dapat membantu Anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar