Sukses

Penderita Maag Harus Sahur

14 Jun 2016, 08:01 WIB
Wanita, 0 tahun.
Selamat pagi dok.. Jika tidak sahur pada bulan ramadhan dapat beresiko tidak pada maag nya ?? Karena saya memiliki riwayat maag Terima kasih dok..
dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami,

Maag atau sering disebut sebagai gastritis merupakan suatu proses peradangan atau inflamasi pada dinding yang melapisi lambung.

Apabila terjadi maag, maka dapat timbul beberapa gejala seperti perasaan tidak enak pada bagian perut sebelah kiri, mual, kembung, muntah, perasaan penuh dan sesak serta terkadang nyeri perut.

Beberapa tindakan dapat menyebabkan peningkatan asam lambung yang berujung pada maag ketika berpuasa, diantaranya seperti langsung tidur tepat setelah sahur, merokok sesaat setelah berbuka puasa atau mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang banyak saat buka puasa.

Para individu yang menderita maag diharapkan untuk berbuka puasa dengan jumlah yang sedikit namun sering, seperti mengkonsumsi makanan yang ringan terdahulu saat berbuka puasa.

Saat berbuka atau sahur puasa coba hindari minuman yang mengandung kopi dan soda, serta hindari minuman  yang terlalu manis sebab akan memicu rasa haus. Bila maag sudah berat, dapat juga konsumsi obat-obatan golongan antasida, proton pump inhibitor dan H2 antagonis saat sahur dan saat berbuka puasa.

Sahur sangat penting untuk dilakukan untuk penderita maag sebab apabila sahur tidak dilakukan dapat menyebabkan kondisi lambung kosong dalam jangka waktu yang lebih lama dan menyebabkan risiko timbulnya rasa sakit pada lambung.

Semoga dapat bermanfaat ya,

0 Komentar

Belum ada komentar