Sukses

Bentol Bentol Seluruh Badan

12 Jun 2016, 12:38 WIB
Wanita, 19 tahun.
maaf dok, saya mau bertanya ad teman saya yg terkena bentol-bentol di bagian badan dan kadang kadang hisa keseluruh tubuh itu karena apa ya dok? dan kmaren sudah berobat ke dokter dan diberikan obat dexamethasone dan cetirizine. Setelah meminum obat tersebut heberapa saat kemudian bentol2 itu hilang tpi 3 hari kemudian bentol2 tersehut muncul lagi. Dan tekan saya jdi meminum obat tersebut secara berkala terus apakah berbahaya dok? apa kira2 pn
dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima Kasih telah melakukan e-Konsultasi Tanya Dokter klikDokter.com,

Pada dasarnya Urtikaria (Kaligata) atau biasa disebut Biduran tidak mengancam keselamatan jiwa dan dapat diatasi dengan obat-obatan. Untuk Anda yang mengalami Urtikaria akut tidak perlu panik karena gejala akan menghilang sendiri dalam beberapa hari.

Urtikaria memang selalu muncul dengan ciri-ciri kulit kemerahan atau pucat dan sedikit mononjol dari permukaan kulit. Para penderita Urtikaria juga mengalami rasa gatal dan nyeri serta rasa panas pada bagian kulit yang mengalami Urtikaria. Untuk Anda yang tidak nyaman dan mengalami berbagai masalah seperti penjelasan di atas dapat langsung pergi menuju instalasi gawat darurat terdekat dan mendapat perawatan.

Sedangkan untuk kasus Urtikaria Kronis seringkali sulit untuk diobati dan dapat berlangsung lama. Penderita Urtikaria Kronis biasanya akan mendapat suntikan dari dokter untuk membantu mempercepat pengobatan kemudian baru ditambah dengan berbagai obat-obatan lainnya. Beberapa obat yang biasa digunakan untuk mengobati Urtikaria antara lain:

Beberapa obat yang biasa digunakan untuk mengobati Urtikaria antara lain:

  • Antihistamin (CTM),
  • Kortikosteroid (Dexamethasone atau Prednisone),
  • Epinefrin biasa digunakan untuk pasien yang mengalami masalah pernapasan) dan masih banyak lagi.

Tiap dokter akan meresepkan obat yang berbeda berdasarkan tingkat kronisnya penyakit.

Untuk Anda yang memang mengidap Urtikaria kambuhan biasanya telah mengetahui penyebab munculnya Urtikaria. Maka untuk penanggulangan, setidaknya dapat menghindari penyebab tersebut, misalnya saja akibat tungau, udara, makanan, debu, bulu binatang atau obat-obatan tertentu.

Pada dasarnya tiap dokter sangat menyarankan bagi para penderita Urtikaria untuk berkonsultasi ke dokter terdekat. Karena penggunaan obat hanya untuk mengatasi gejala alergi bukan akibat alerginya. Jadi Anda tetap harus melakukan tes alergi untuk menentukan penyebab munculnya Urtikaria pada diri Anda, kemudian menghindari berbagai penyebab tersebut. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar