Sukses

Bintil Bintil DI Sekitar Payudara

12 Jun 2016, 12:33 WIB
Wanita, 18 tahun.
Dok mau nanya, jadi adik saya ini umurnya 18 tahun. Terus disekitar areolanya itu terdapat bintil2 berwarna kulit, biasanya muncul lebih terlihat bila sesudah mandi. Karna kalau sesudah memakai bra bintil itu tidak menonjol keluar hanya seperti warna areola yang tidak merata. bintilnya lebih dari satu, kemarin katanya payudara kananya terasa gatal pada saat digaruk ada bintil yang luka tapi tidak berdarah. Saat gatal pun puting susunya jadi lebih mengeras. Bintil2 disekitar areola ini suatu yang normal tidak dok?
dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

 

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Bila terdapat bintil bintil di sekitar areola anda tidak perlu khawatir karena itu merupakan papiloma intraduktus dan normal ditemukan pada wanita. DItambah lagi menurut informasi yang anda sampaikan, tidak ada keluhan lainnya pada payudara seperti nyeri, keluar cairan dari puting.

Yang anda perlu khawatirkan adalah jka ada benjolan di sekitar payudara. Namun 80% merupakantumor jinak, infeksi, gangguan hormonal dan lainnya. Pentingnya melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) setiap bulannya setelah 10 hari pasca haid. Jika ditemukan ada benjolan anda dapat segera berkonsultasi kepada dokter agar dinilai apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar