Sukses

Nyeri perut bawah dan keputihan

12 Jun 2016, 07:25 WIB
Wanita, 0 tahun.
dok, saya ingin menanyakan, saya sedang mengalami rasa sakit dan nyeri dibagian bawah perut dan mulai terjadi keputihan, penyebabnya apa ya dok? apakah perlu di periksa lebih lanjut? terima kasih y
dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Ibu/Bapak/Saudara/Saudari yang terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Keputihan secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis). Keputihan normal ditandai dengan keluarnya cairan berwarna putih-bening, tidak banyak, tidak berbau, tidak menyebabkan rasa gatal. Keputihan normal biasanya terjadi dalam keadaan terangsang, setelah bersenggama, setelah menstruasi, saat mengalami kelelahan, stress dll. Sementara itu keputihan abnormal memiliki ciri berbau, menyebabkan gatal, berwarana putih-kekuningan, kehijauan merah-kecoklatan, atau keabu-abuan. Keputihan abnormal dapat disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, dan parasit. Jika tidak ditangani dengan benar, beberapa jenis keputihan dapat menyebabkan infeksi pada rongga panggul dan kandung kemih. Ini dalam istilah kedokteran disebut dengan radang panggul kronik dan infeksi saluran kemih. Keduanya menyebabkan nyeri pada bagian perut bawah. Infeksi saluran kemih biasanya juga disertai dengan perasaan sulit menahan kencing, kencing sebentar-bentar, dan nyeri saat berkemih.

Kami menyarankan anda berobat ke dokter spesialis OBGIN agar dokter dapat mewawancarai anda lebih dalam dan melakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik maupun penunjang untuk menemukan penyebab dari kondisi yang anda alami. Jika penyebab sudah dikatahui, akan lebih mudah bagi dokter untuk memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Hal yang dapat anda lakukan dirumah adalah menjaga kebersihan saluran reproduksi dengan rutin mengganti celana dalam dan membersihkan vagina setelah BAK dari depan ke belakang, bukan dari belakang ke depan. Selain itu, perbanyaklah minum air putih.

Semoga kami selalu mendapat tempat di hati anda sebagai sumber informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar