Sukses

Sulit BAB dan BAK Berdarah

11 Jun 2016, 21:19 WIB
Wanita, 53 tahun.
Selamat Malam Dok !! Mohon informasi dan pencerahannya, sebelumnya saya perkenalkan diri saya, Nama saya Taufiq. Sebenernya yang punya problem Orang Tua Saya. Beliau ada keluhan di perut dan sistem pencernaan. Sudah hampir seminggu ini beliau tidak bisa BAB dan kencing yang keluar semacam ada darah juga keluhan tentang perutnya. Mohon informasi sebenernya apa yang di derita oleh orang tua saya ya dok dan apabila ada saran medis yang baik.. Seharusnya saya sebagai anak harus bagaimana ya ?? Terima Kasih Muhammad Taufiq

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda

Sulit BAB karena konsistensinya yang lebih keras disebut juga dengan konstipasi, dalam istilah awam dikenal dengan sembelit. Konstipasi/sembelit adalah keadaan jarangnya frekuensi buang air besar (BAB), penurunan frekuensi gerakan usus, BAB keras dan sulit. Terkadang konstipasi juga menyebabkan nyeri perut, nyeri ini bisa berasal dari organ pencernaan yang kelelahan akibat terus berkontraksi untuk mengeluarkan kotoran, namun kotoran sulit dikeluarkan. Selain itu, juga bisa berasal dari otot atau kram perut, dimana saat sembelit otot-otot perut bekerja lebih keras agar dapat mengeluarkan kotoran, sehingga membutuhkan banyak sumber energi yang terbatas, kemudian otot akan menggunakan energi dalam bentuk lain yang akan menghasilkan produk sisa yang menyebabkan rasa kram. Penyebab konstipasi  bermacam-macam, mulai dari kekurangan konsumsi serat hingga berupa penyakit tertentu seperti ileus. Pada keadaan ileus erdapat sumbatan pada usus, gejalanya ialah penderita tidak dapat buang angin dan juga BAB dalam beberapa waktu.

Sedangkan BAK berdarah dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya Infeksi Saluran Kemih (IMS) maupun batu pada saluran kemih. Namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

Kami khawatir, orang tua Anda memerlukan pertolongan oleh dokter, dikarenakan kasus sulit BAB akibat ileus merupakan kegawatan medis. Untuk itu kami sarankan untuk mengetahui penyakit orang tua Anda secara lebih pasti, kami sarankan Anda untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut kepada dokter.

Demikan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar