Sukses

Penyebab Lapisan Keras Hidung

11 Jun 2016, 10:07 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dokter saya 18thn, 2 hari yg lalu saat saya bangun tidur tiba2 kulit dihidung saya (antara lubang hidung) seperti menebal dan mengeras, kemudian saya mengelupas kulit tsb dan meninggalkan bekas kecoklatan berbentuk lingkaran dan berair. Dihari selanjutnya dipagi hari ternyata terjadi hal yg sama di atas dan di bawah luka yg sebelumnya, berair dan berbekas jg. Itu knp ya dok? Apakah herpes? Lalu apa obat yg cocok?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda rasakan adalah  hidung yang terasa lapisan mengeras pada hidung. Lapisan ini adalah pengerasan dari cairan yang dikeluarkan oleh mukosa hidung yang bercampur dengan debu atau materi yang Anda hirup. Pada beberapa keadaan hal ini dapat dikaitkan dengan infeksi hidung dan alergi. izinkan kami menjelaskan tentang rhinitis alergi.  Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi (riwayat keturunan alergi), yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa.

Gejala klinis yang khas adalah terdapatnya serangan bersin yang berulang-ulang terutama pada pagi hari, atau bila terdapat kontak dengan sejumlah debu. Sebenarnya bersin adalah mekanisme normal dari hidung untuk membersihkan diri dari benda asing, tetapi jika bersin sudah lebih dari lima kali dalam satu kali serangan maka dapat diduga ini adalah gejala rhinitis alergi. Gejala lainnya adalah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak.  Hidung tersumbat, mata gatal dan kadang-kadang disertai dengan keluarnya air mata.

Tenggorokan Anda dapat terluka akibat ingus yang jatuh ke belakang dari hidung Anda melewati tenggorokan. Jika hal ini berlangsung terus menerus dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan Anda. Rhinitis Alergi yang berkepanjangan dapat menimbulkan gangguan sinusitis. 

Terapi yang dilakukan adalah :

  • Terapi yang paling ideal adalah dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab. Tindakan ini merupakan tindakan yang paling sederhana dan paling mendasar dalam menangani alergi. Dalam kasus Anda, pencetus berupa udara dingin di pagi hari dan juga paparan debu, sehingga untuk menyiasatinya Anda dapat menggunakan baju hangat / jaket di pagi hari dan juga menggunakan masker untuk menghindari paparan debu secara langsung ke saluran nafas Anda
  • Pengobatan, penggunaan obat antihistamin H-1 adalah obat yang sering dipakai sebagai lini pertama pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral(obat pelega hidung yang diminum). Obat Kortikosteroid dipilih jika gejala utama sumbatan hidung akibat respon fase lambat tidak berhasil diatasi oleh obat lain

Karena kami tidak melakukan pemeriksaan secara langsung, maka kami tidak dapat menegakkan diagnosis pasti dari keluhan yang Anda alami. Oleh karena itu kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk melakukan pemeriksaan secara langsung supaya diagnosis pasti dapat ditegakkan dan Anda mendapat pengobatan yang optimal.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang dapat menambah informasi Anda:

Bagaimana Penanganan Rhinitis Alergi Pada Anak?

Rinitis Alergi / Alergi Hidung

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar