Sukses

Penyebab Keluar Cairan TelingaPenyebab Keluar Cairan Telinga

11 Jun 2016, 10:05 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dok, saya wanita umur 23 tahun. Waktu kecil gendang telinga kiri saya pernah robek dan mengeluarkan cairan. Hal ini terjadi saat saya sedng flu. Hal ini pernah terjadi lagi saat remaja dengan penyebab yang sama. Dokter tempat saya konsultasi mengatakan bahwa hal ini terjadi karena saya bersin dan batuk dengan keras sehingga menyebabkan telinga kiri saya tersumbat dan akhirnya mengeluarkan cairan. Kemudian setelah beberapa tahun hal ini tidak pernah terjadi lagi saat saya flu. Tapi 2 bulan terakhir ini saya terkena flu dan lama disembuhkan walupun sudah minum berbagai jenis obat flu. dan hal ini menyebabkan telinga kiri saya sakit dan mengeluarkan cairan lg. dan hal ini sudah 3x terjadi dalam 2 bulan ini stiap saya trkena flu baik ringan maupun berat. Yang mau saya tanyakan, apa penyebab telinga kiri saya sakit dan mengeluarkan cairan tapi tidak berbau? Bagaimana cara mengobati telinga saya ini? apakah ini dapat disembuhkan? Apakah saya akan mengalami gangguan pendengaran atau tuli karena hal ini terjadi terus menerus dalam waktu singkat? Terima kasih dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluarnya cairan dari dalam telinga dapat berupa darah, nanah, serumen (kotoran telinga), ataupun cairan jernih lainnya dalam dunia kedokteran dikenal sebagai otorrhea.

Pada umumnya, cairan yang sering keluar dari telinga adalah serumen (kotoran telinga), namun keluarnya cairan lain seperti darah atau nanah dari telinga dapat terjadi akibat adanya iritasi atau infeksi di dalam telinga. Dalam kasus Anda, sepertinya cairan yang keluar merupakan tanda sebuah infeksi telinga atau dikenal dengan istilah otitis media.

Keluarnya cairan dari telinga akibat adanya iritasi atau infeksi dalam telinga biasanya akan diawali dengan gejala demam tinggi atau rasa tidak nyaman selama beberapa hari karena kupingnya yang terasa sakit. Disamping itu, pecahnya gendang telinga juga seringkali menimbulkan keluhan berupa keluarnya cairan berwarna kuning keputihan dengan sedikit darah dari telinga.

Untuk memastikan penyebab keluarnya cairan telinga tersebut diperlukan wawancara lebih lanjut dan diperlukan pemeriksaan secara langsung terhadap telinga Anda. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis THT segera agar diketahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar