Sukses

Benjolan di punggung

07 Jun 2016, 09:30 WIB
Wanita, 43 tahun.
orang tua saya ada benjolan seperti bentol di punggung bawah, itu sudah lama seperti ny sudah 5 bulan. tapi bentol ny itu keras seperti tulang. apakah itu efek karena 4 tahun lalu menjalani proses operasi caesar ? sekarang bagian perut kiri suka sakit , apakah efek dari benjolan kecil itu ? orang tua saya juga memiliki benjolan di punggung kanan , benjolan itu sudah bertahun-tahun. benjolan ny seperti tumpukan lemak gtu , apakah itu tiroid ? perlu di operasi ? karena kadang tangan kanan ny suka sakit/keram gtu
dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah memilih kami sebagai media untuk berkonsultasi,

Sulit bagi kami untuk mengetahui benjolan yang Anda maksud karena tidak melakukan pemeriksaan langsung. Benjolan di punggung biasanya disebabkan oleh lipoma (tumor jinak jaringan lemak) dan kista ateroma (tumor jinak kelenjar keringat). Tapi dalam menghadapi benjolan, kita harus berpikir bahwa itu sesuatu yang berbahaya (tumor ganas) sampai terbukti itu tidak berbahaya, agar penanganannya tidak terlambat (dibiarkan saja).

Apakah berkaitan dengan operasi sesar? Apabila lokasi benjolan berada di punggung maka kemungkinan besar tidak berkaitan dengan operasi sesar. Apakah itu tiroid? Tiroid merupakan sebuah kelenjar yang lokasinya berada di leher, sehingga apakah benjolan di punggung ini adalah pembesaran kelenjar tiroid maka jawabannya adalah tidak. 

Bagaimana mengetahui benjolan tersebut berbahaya? Untuk mengetahui dengan jelas apakah benjolan tersebut, diperlukan pemeriksaan secara langsung dengan melihat dan meraba benjolannya. Meskipun demikian, seringkali dengan pemeriksaan fisik pun belum pasti, masih diperlukan pemeriksaan biopsi (mengambil benjolan tersebut dan diperiksa dibawah mikroskop) untuk mengetahui apa benjolan tersebut dan apakah berbahaya. 

Kami menyarankan orangtua Anda untuk memeriksakan diri ke dokter bedah untuk diperiksa secara langsung agar jelas diagnosis dari benjolan tersebut. Bila perlu dilakukan operasi kecil untuk biopsi sekaligus mengangkat benjolan.

Semoga bermanfaat,

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar