Sukses

Perubahan warna dan tekstur tinja bayi
05 Jun 2016, 12:59 WIB
Wanita, 0 tahun.
Terdapat semacam bisul di kepala bagian belakang, Kami telah konsultasi dg dokter sp anak, beliau menyarankan utk menggunakan susu bmt P-HP, dimana sebelumnya kami menggunakan bmt biasa. Setelah kami memberikan susu bmt P-HP kotoran / tinja dr sikecil berwarna hitam ke abu2an, dg tekstur yg lembek. Mohon beri penjelasan sbg langkah kami selanjutnya, terimakasih..
dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Ibu/Bapak/Saudara/Saudari yang terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Warna tinja bayi yang normal adalah kekuningan dengan tekstur yang lembek. Perubahan warna dan tekstur tinja bayi sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi bayi. Pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan, hal yang dapat menyebabkan perubahan warna dan konsitensi tinja adalah perubahan jenis susu yang diminum. Misalnya jika sebelumnya bayi mendapatkan ASI, kemudian berubah menjadi susu formula, maka konsitensi dan warna tinja juga dapat berubah. Begitu juga perubahan satu jenis formula ke formula lainnya. Hal ini terutama disebabkan oleh perubahan kandungan susu serta perubahan keadaan komposisi kuman baik di dalam usus.

Jika bayi di atas 6 bulan, perubahan warna dan konsistensi feses juga dapat disebabkan oleh perubahan jenis makanan yang diberikan sebagai MPASI. Coba perhatikan apakah ada penambahan frekuensi BAB bayi atau tidak. Selain itu perhatikan pula apakah ada campuran darah dalam BAB bayi atau tidak. Jika tidak ada maka anda dapat mengobservasi terlebih dahulu beberapa hari karena saluran cerna bayi masih dalam proses adaptasi dengan jenis susu baru. Namun demikian, jika sudah beberapa hari feses bayi masih berwarna abu-abu kehitaman sebaiknya anda berkonsultasi kembali kepada dokter spesialis anak untuk memeriksa apakah ada masalah pada saluran cerna bayi atau intoleransi pada susu yang dikonsumsi saat ini.  

Semoga kami selalu mendapat tempat di hati anda sebagai sumber informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar