Sukses

Feses bayi berwarna hijau

05 Jun 2016, 11:29 WIB
Wanita, 8 tahun.
Selamat siang dok....sy mau bertanya mengapa bayi sy umur 8 bln beberapa hri ini fesesnya berwarna hijau
dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Ibu/Bapak/Saudara/Saudari yang terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Saat baru lahir, feses bayi secara normal memang berwarna hijau tua kehitaman. Namun setelah beberapa bulan, secara perlahan feses bayi akan berubah menjadi kekuningan. Jika setelah bayi berusia beberapa bulan tiba-tiba fesesnya berubah menjadi warna hijau, ini dapat menjadi pertanda masalah nutrisi. Jika bayi mendapatkan ASI, perlu diketahui bahwa komposisi ASI pada awal dan akhir menyusui berbeda. Zat lemak lebih banyak terdapat pada ASI bagian akhir sehingga menyebabkan feses bayi berwarna lebih kuning. Jika bayi hanya mendapatkan ASI bagian awal, maka fesesnya dapat berwarna kehijauan. Olah karena itu, berikan ASI hingga habis satu payudara terlebih dahulu baru dilanjutkan dari payudara sebelahnya lagi. 

Karena saat ini bayi anda sudah berusia 8 bulan, tentunya ia sudah mendapatkan MPASI. Untuk itu anda juga perlu melihat komposisi MPASI pada anak anda agar mengandung karbohidrat, lemak, dan protein dalam jumlah yang cukup. Jika feses hijau hanya terjadi 1 kali, anda belum perlu khawatir karena hal ini bisa saja merupakan pengaruh dari warna makanan yang anda berikan kepada bayi anda. Namun, jika sudah terjadi beberapa kali, sebaiknya anda membawa anak anda berobat ke dokter spesialis anak. Dokter akan memeriksa lebih lanjut untuk menilai apa yang dialami oleh bayi anda sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan. 

Semoga kami selalu mendapat tempat di hati anda sebagai sumber informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar