Sukses

Pengobatan Tuberkulosis

04 Jun 2016, 19:03 WIB
Wanita, 1 tahun.
Arti hasil pemerikasaan radiologi : dibandingkan dengan photo thorax tanggal 4 november 2015 tanpak infiltrat diparu berkurang. Masih terlihat sedikit infiltrat didaerah suprahilar dan parakardial paru kanan. Paru kiri nornal. Bentuk dan ukuran cor normal. Kesan : Perbaikan Yang jadi pertanyaan adalah Apakah dari hasil tersebut anak saya sudah tidak perlu di beri obat tambahan atau di kasih obat lagi? Jika ya dan tidak kenapa alasanya? Pengobatan sudah 6 Bulan Terima Kasih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah jenis penyakit paru yang anak Anda derita? Jika diharuskan meminum obat selama enam bulan, apakah anak Anda didiagnosis dnegan Tuberkulosis? Izinkan kami menjelaskan tentang penyakit ini.

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu droplet/udara. Penyakit ini dapat diobati dengan gratis karena ditanggung oleh program BPJS dengan obat yangd apat diambil di rumah sakit atau puskesmas.

Gejala yang timbul pada penderita TBC paru dapat berupa batuk-batuk yang produktif > 3 minggu, batuk berdarah, sesak nafas, nyeri dada, lemah, letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi dan lain sebagainya.

Pengobatannya dengan obat anti tuberkulosis (OAT) yang diberikan secara 6 bulan dan harus diminum setiap hari secara teratur. Obat yang tidak diminum secara teratur dapat menyebabkan resistensi (kekebalan) kuman. Jika sudah terjadi resistensi, OAT tidak ampuh lagi membunuh kuman TBC dan kondisi ini akan memperparah penyakit TBC yang diderita. Dia akhir enam bulan pengobatan dokter akan menganalisa apakah pengobatan dapat dinyatakan selesai.

Untuk memastikan kondisi Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis paru untuk evaluasi serta tatalaksana lebih lanjut.

Untuk melengkapi pengetahuan bersama, berikut ini adalah beberapa tulisan karya tim redaksi medis Klikdokter lainnya berkenaan dengan topik yang Anda tanyakan:

Apa Itu Tuberkulosis Paru

Waspadai Serangan Tuberkulosis

Mengenal Lebih Jauh Resistensi Tuberkulosis

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar